Direktorat Jenderal Perkeretaapian

MASIH PERLU PENYEMPURNAAN MUDIK GRATIS VIA KERETA API

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Minggu, 04 Agustus 2013
Jumlah Dilihat: 2310 kali

(Jakarta, 4/8/2013) Menteri Perhubungan (Menhub) Evert Erenst Mangindaan mengakui bahwa penyelenggaraan mudik gratis yang ditujukan kepada pengguna sepeda motor khususnya melalui angkutan kereta api untuk tahun ini masih memiliki berbagai kekurangan. Menurut Menhub sosialisasi mudik gratis sebetulnya telah dilakukan cukup intensif selama 2 bulan belakangan, namun khusus yang menggunakan angkutan kereta api memang masih terdapat kelemahan pada mekanisme yang menyebabkan minimnya peserta. Pernyataan tersebut disampaikan Menhub Minggu 4/8/2013 di Kantor Kementerian Perhubungan usai menerima kunjungan Presiden  ke Posko Tingkat Nasional Angkutan lebaran terpadu tahun 2013.

 
“Nantinya (tahun depan) ada metode yang diperbaharui sehingga dapat lebih terkoordinasi dan mengurangi adanya kesalahan“ tegas Menhub. Untuk mudik gratis dengan kereta api ini semula hanya pemudik yang telah memiliki tiket yang dapat memanfaatkan angkutan motor gratis, sementara tiket kereta api itu sendiri sebagian besar telah terjual 3 bulan sebelumnya (sebelum masa angkutan mudik gratis dilaksanakan). Namun kemudian mekanisme diperbaiki dimana hingga 6 Agustus 2013 (H-2), pemudik dengan moda angkutan umum apapun dapat mengangkut sepeda motor yang ingin dibawa ke kampung halamannya secara gratis. “Satu gerbong kereta api dapat memuat 30 unit sepeda motor. Sepeda motor dapat dibawa di setiap stasiun,” tutup Menhub

 
Sementara itu program mudik gratis dengan mengangkut sepeda motor melalui kapal laut dan truk/bis yang dilakukan Kementerian Perhubungan tahun ini cukup banyak menarik minat masyarakat. Sampai dengan Minggu 4/3/12 melalui kapal laut telah diangkut 2.394 unit motor  dan 4.156 penumpang dengan tujuan Semarang, sedangkan melalui truk/bus telah diangkut 1.716 unit motor dan 3.474 penumpang dengan tujuan Lampung, Cirebon, Tegal, Magelang, Yogyakarta, Wonogiri, Tasikmalaya, Cilacap, Kebumen, Wonosobo, Purwokerto dan Solo. Menhub menilai masyarakat sebetulnya cukup menikmati program mudik gratis bagi pesepeda motor yang dilakukan Pemerintah, terutama yang melalui kapal laut. Program angkutan mudik gratis dibuat untuk mengurangi angka kematian pemudik yang menggunakan sepeda motor. Hingga saat ini dari total subsidi bagi mudik gratis pesepeda motor Rp 25 miliar, telah terserap lebih dari setengahnya. Menhub berharap agar penyerapan subsidi berjalan optimal. (ARI)