(Bekasi, 6/12/2010) Lulusan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) adalah agen perubahan kebijakan transportasi di daerah dan agen pengembang semangat korsa keperhubungan yang sangat membantu tugas-tugas Kementerian Perhubungan. Sejak STTD berdiri sampai sekarang, keberadaan program studi di bawah STTD secara bertahap meningkatkan kinerja sub sektor perhubungan darat di tingkat pusat dan daerah. Demikian disampaikan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono pada acara Dies Natalis ke-30 (Lustrum VI) STTD di kampus STTD Bekasi pada Senin (6/12).

Wamenhub menyatakan bahwa alumni STTD telah tersebar ke seluruh Indonesia dan menunjukkan kinerja yang baik dan memuaskan. "Saya mencatat belasan orang sudah menduduki eselon II di daerah dan puluhan lainnya sudah menduduki jabatan eselon III," papar Wamenhub.

Untuk para alumni STTD, Wamenhub menyampaikan rasa terima kasih atas baktinya dan berharap agar para alumni dapat terus memberikan saran dan masukan demi kemajuan sektor perhubungan.

Pada kesempatan yang sama, Wamenhub menyampaikan selamat kepada STTD yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001-2008 dari lembaga sertifikasi WQA. "Sertifikasi ISO merupakan pengakuan terhadap sistem manajemen mutu, yang mengarahkan STTD untuk mengendalikan proses-prosesnya menuju pencapaian sasaran-sasarannya, jelas Wamenhub. Dengan sistem manajemen mutu ini, Wamenhub menjelaskan, STTD akan lebih meningkatkan kepercayaan stakeholdernya yaitu taruna, pengguna, serta mitrakerja.

"STTD harus menjadi pusat unggulan atau centre of excellence pengembangan keahlian, kompetensi, dan pengembangan SDM sub sektor transportasi darat, baik untuk tenaga profesional (program diploma),manajerial, dan tenaga teknis," harap Wamenhub. Selain itu, Wamenhub juga mengharapkan agar STTD tetap menjadi lembaga pengembangan korsa keperhubunganan dan juga menjadi mitra pemerintah daerah dan sektor swasta di dalam pengembangan SDM dan pengembangan sistem pengelolaan transportasi darat.

Acara ini merupakan reuni akbar para alumni STTD yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali dan sekaligus merayakan ulang tahun STTD yang ke 30. Selain itu, diadakan acara sarasehan dengan pembicara Inspektur Jenderal Kemenhub Iskandar Abubakar, Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Bobby R. Mamahit, dan Giri Suseno, salah satu tokoh yang memprakarsai berdirinya STTDn serta Darmaningtyas, Wakil Ketua MTI sebagai moderator. (RY)