(Jakarta, 9/11/2012) Kementerian Perhubungan meraih penghargaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk kategori Organizational Transformation. Diantara Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Perhubungan dinilai paling banyak memfasilitasi pengadaan barang dan jasa (lelang).

Sementara untuk tingkat Provinsi diaraih oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tingkat Kabupaten diraih oleh Kabupaten Tangerang dan tingkat kota diraih oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala LKPP, Agus Rahardjo bersamaan dengan dibukanya kegiatan Rapat Koordinasi LPSE ke-8 Nasional, Jumat (9/11) di Mal Taman Palem, Jakarta. Menurut Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP, Bima Haria Wibisana mengatakan ada lima kategori LPSE Awards dan satu special mention.

“Ada lima kategori dan masing-masing kategori diberikan untuk Kementerian/Lembaga/Instansi, Provinsi, Kabupaten dan Kota. Untuk special mention diberikan kepada LPSE yang paling berusaha mati-matian dalam mengajak pihak lain untuk menggunakan LPSE,” jelas Bima.


Diharapkan penghargaan tersebut bisa memotivasi LPSE-LPSE lain untuk lebih meningkatkan performanya. (RDH)

Berikut daftar lengkap peraih penghargaan dari LKPP :


1. Kategori Organizational Transformation (Penghargaan ini diberikan kepada LPSE yang banyak memfasilitasi lelang dengan akselerasi tertinggi) :
a. Kementerian/Lembaga/Instansi : Kementerian Perhubungan
b. Provinsi : Pemprov DKI Jakarta
c. Kabupaten : Pemkab Tangerang
d. Kota : Pemkot Tangerang Selatan

2. Kategori User Support Performance (Penghargaan ini diberikan kepada LPSE yang banyak menyelesaikan permasalahan dalam jumlah lelang banyak) :
a. Kementerian/Lembaga/Instansi : PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN)
b. Provinsi : Pemprov Sulawesi Tenggara
c. Kabupaten : Pemkab bojonegoro
d. Kota : Pemkot Tangerang

3. Kategori Citizen Engagement (Penghargaan ini diberikan kepada LPSE yang berhasil melibatkan peran serta masyarakat) :
a. Kementerian/Lembaga/Instansi : Kementerian Kesehatan
b. Provinsi : Pemprov Sumatera Barat
c. Kabupaten : Kutai Kartanegara
d. Kota : Pemkot Depok

4. Kategori Availibility Performance (Penghargaan ini diberikan kepada LPSE yang memiliki Availability tertinggi) :
a. Kementerian/Lembaga/Instansi : Universitas Diponegoro
b. Provinsi : Pemprov Jawa Timur
c. Kabupaten : Luwu Utara
d. Kota : Pemkot Batam

5. Kategori Service Innovation (Penghargaan ini diberikan kepada LPSE yang telah melakukan inovasi dalam pelayanannya) :
a. Kementerian/Lembaga/Instansi : Kementerian Keuangan
b. Provinsi : Pemprov Jawa Barat
c. Kabupaten/Kota : Surabaya

6. Special Effort for Transformation (Pengharagaan ini diberikan kepada LPSE yang gigih mengimplementasikan e-procurement) :
a. Provinsi Papua