J A K A R T A - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tony Budiono, MM memastikan pelayanan publik di sektor kepelabuhanan pada libur pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) pada Rabu (15/2) tetap berjalan seperti biasa dan tidak ada penghentian layanan meskipun para petugas sedang melaksanakan haknya memilih kepala daerah di wilayahnya masing-masing setelah Pemerintah menetapkan 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional.

Dirjen Tonny menyebutkan bahwa ia mendorong jajarannya yang memiliki hak suara untuk memilih pimpinan daerahnya. Sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan Menpan RB, Dirjen Tonny juga meminta agar pelayanan publik di sektor kepelabuhanan tetap berjalan.

"Selaku Direktur Jenderal Perhubungan Laut akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan hari libur tersebut dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku," ujar Tonny.

Dirjen Tonny juga menjelaskan bahwa di 4 (empat) Pelabuhan Utama yaitu Belawan Medan, Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Makassar pelayanan publik tetap berjalan. Begitu juga dengan pelabuhan lainnya.

Tonny juga mengingatkan para petugas harus dapat menjadi teladan dalam menjaga dan mempertahankan suasana kondusif yang mendukung iklim kerja profesional.

"Saya imbau pegawai yang menjadi teladan di masyarakat untuk berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan yang bekerja di posisi penting pada pelayanan publik khususnya di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Ditjen Hubla dapat kembali bekerja setelah mentuntaskan hak pilihnya," kata Tonny.

Melalui himbauan Dirjen Tonny tersebut, diharapkan masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan publik. Apalagi banyak warga masyarakat yang bekerja di swasta, pada libur Pilkada nanti tetap masuk kerja. Adapun penetapan libur ini diambil setelah Presiden RI Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2017 pada 10 Februari 2017.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi juga mengingatkan agar libur Pilkada tanggal 15 Februari 2017 nanti tidak mengurangi kualitas pemberian pelayanan publik untuk sektor transportasi.