SIGI - Hampir setahun pasca gempa dan tsunami yang melanda sejumlah titik di Palu, Sulawesi Tengah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama sejumlah pihak menginisiasi untuk membangun sebuah Masjid dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Terkait dengan hal tersebut hari ini (10/8) Menhub Budi didampingi Sekda Provinsi Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate, Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta, Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo, dan salah satu musisi ternama Abdi Negara "Abdi Slank melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid dan SDIT.

Menhub Budi mengatakan pembangunan ini merupakan wujud cinta dan tali kasih seluruh masyarakat Indonesia.

"Masjid ini merupakan tali kasih antara masyarakat Indonesia, mas Abdi yang merupakan org sini supaya tali kasih kita di negara Indonesia ini terjalin dan satu hal yang inginkan bahwa keberagaman menjadi suatu konsep dari Masjid dan sekolah ini," kata Menhub di Kabupaten Sigi, Sabtu (10/8).

Adapun pemilihan lokasi di Desa Rampadende ini dijelaskan Menhub karena nantinya di lokasi tersebut akan dibangun rumah hunian bagi masyarakat pengungsi korban gempa yang sudah kehilangan tempat tinggal.

Selain untuk meningkatkan kehidupan beragama dan tingkat pendidikan masyarakat, Menhub berharap dengan dibangunnya Masjid dan SDIT di Desa Rampadende ini dapat menjadi spirit cinta Tanah Air dan berbangsa seluruh masyarakat Indonesia.

"Kita punya ekspektasi lebih jauh dengan kehadiran SDIT maka tingkat pendidikan lebih baik, tingkat kebersamaan untuk berbangsa itu makin baik karena ini kita kumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia, tanda cinta pada Tanah Air, cinta pada Sulawesi Tengah oleh karenanya ini menjadi suatu spirit ini memiliki nilai-nilai tersendiri," ujarnya.

Senada dengan Menhub musisi ternama Abdi Negara atau Abdi Slank menyebutkan bahwa pembangunan ini menjadi simbol persaudaraan Bangsa Indonesia.

"Ini menjadi simbol bahwa bagaimana seluruh bangsa itu dari Sabanh sampai Merauke bersaudara jika ada yang sakit pasti semuanya bergerak untuk berbuat sesuatu ini bagian simbol dari rasa persaudaraan itu karena sumbangan pun datang dari berbagai macam kalangan, dan daerah," tutur Abdi.

Lebih lanjut dikatakan Menhub pembangunan Masjid dan SDIT ini menelan dana hingga 4 milyar. Ditambahkan Menhub untuk pembangunan Masjid ini ditargetkan selesai dalam 6 bulan.

Usai melakukan peletakan batu pertama Menhub diagendakan juga meninjau Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Wani, Terminal Tipe A Mamboro, dan Bandara SIS Al-Jufri. (GD/RDL/YSP/HA)