(Jakarta, 22 Juli 2013) Sebanyak 12 maskapai telah mengajukan penerbangan tambahan (extra flight) selama masa mudik lebaran 2013 untuk rute domestik dan Internasional. Diantaranya tiga maskapai nasional yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Citilink untuk penerbangan tambahan rute domestik dan sebanyak delapan maskapai Internasional, Indonesia Air asia plus Garuda Indonesia untuk penerbangan tambahan rute internasional.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmojo kepada wartawan di Kantor kemenhub menjelaskan, hingga Senin (22/7) kemarin baru tiga maskapai penerbangan nasional yang mengajukan penerbangan tambahan di rute domestik, yaitu PT Garuda Indonesia, PT Citilink Indonesia dan PT Sriwijaya Air. Sedangkan 16 maskapai lainnya belum mengajukan penerbangan tambahan.

Sriwijaya Air mengajukan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Banjarmasin, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Pontianak, jakarta-Tanjung Pandan dan Jakarta-Pangkal Pinang. Total kursi tambahan yang disediakan sebanyak 49.056 kursi. Sementara itu Citilink mengajukan untuk rute Jakarta-Balikpapan, Jakarta-Banjarmasin, Jakarta-Jogjakarta, Jakarta-Padang, Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Batam-Surabaya dengan kursi tambahan yang disediakan sebanyak 58.360 kursi. Adapun Garuda mengajukan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Jogjakarta, Jakarta-Padang, Jakarta-Denpasar 3 penerbangan tambahan dan Denpasar-Jakarta dengan total kursi tambahan 16.664 kursi.

Menurut Djoko, bukan hanya rute-rute domestik saja yang menjadi incaran maskapai pada musim lebaran 1434 H. Sejumlah rute internasional juga diminati oleh maskapai penerbangan dalam dan luar negeri. Total kursi tambahan yang diajukan sebanyak 36.188 kursi. Maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan untuk  rute Internasional yaitu Garuda Indonesia, Indonesia Air Aisa, Malaysia Airlines, Air Asia Berhad, Cathay Pacific, Eva Air, Silk air, Singapore Airlines, China Airlines dan Cebu Pacific

Garuda Indonesia misalnya, mengincar rute Jakarta-Inceon-jakarta sebanyak 2 frekuensi dan Denpasar-Osaka-Denpasar sebanyak 5 frekuensi. Sedangkan Indonesia Air Asia mengambil rute Jakarta-Singapura-Jakarta sebanyak 12 frekuensi dengan total kursi tambahan 3.744.

Maskapai asing juga ikut berebut kue dalam lebaran kali ini, malaysia Airlines misalnya mengajukan penerbangan tambahan untuk rute Kuala Lumpur-Medan-Kuala Lumpur, Air Asia Berhad mengambil rute Kuala Lumpur-Solo-Kuala Lumpur, Cathay pacific mengambil rute Cengkareng-Hongkong dan Hongkong-Surabaya-Hongkong, Eva Air membidik rute Taipei-Surabaya-Taipei, Singapore Airline dan Silk Air mengambil rute Singapura-Surabaya-Singapura, Singapura-Medan-Singapura, Singapura-Palembang-Singapura,Singapura-Jakarta-Singapura sedangkan China Airlines membidik rute Taipei-Denpasar-Taipei. (JO)