MALANG - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono minta Dinas Perhubungan Jawa Timur untuk mengusulkan penataan ulang pada alur penumpang di Terminal Arjosari. Menurut Sesjen, hal ini perlu dilakukan agar penumpang dapat merasakan keamanan dan kenyamanan.

"Kita sudah melihat keadaan terminal dan saya rasa perlu dilakukan pemolesan terkait flow (alur pergerakan) penumpang. Tadi juga sudah diskusi dengan Kepala Terminal yang kita usulkan supaya ada perbaikan agar calon penumpang tidak perlu lagi berhadapan langsung dengan bus karena sudah diberikan kanalisasi yang bisa langsung naik ke bus," terang Sesjen Djoko usai meninjau Terminal Arjosari Malang, Rabu (13/6).

Djoko menambahkan beberapa perbaikan dan pengembangan di Terminal Arjosari dapat dilakukan melalui skema kerjasama baik dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun Badan Usaha Milik Swasta (BUMS).

"Terminal ini berada di pusat kota, untuk itu terminal ini harus dapat menjadi fasilitas yang baik untuk publik. Saya tadi meminta kepada kawan-kawan disini untuk menjajaki kerjasama dengan pihak ketiga dalam mengembangkan terminal sehingga ada pemasukan bagi terminal ini. Bisa dikerjasamakan dengan BUMD, BUMN ataupun BUMS," urai Sesjen Djoko.

Djoko berharap dengan usulan perbaikan serta pengembangan tersebut dapat menjadikan terminal yang user friendly sehingga penumpang tidak merasa enggan untuk menggunakan fasilitas yang tersedia.

Sesjen Lakukan Rampcheck Bus Di Terminal Arjosari

Dalam kunjungannya, Sesjen Djoko berkesempatan melakukan rampcheck terhadap salah satu bus tujuan Malang-Surabaya. Didampingi Kepala Terminal Arjosari Hadi Supeno, Sesjen Djoko melihat proses pengecekkan bus sampai dengan penempelan stiker inspeksi keselamatan pada kaca bus.

Djoko mengingatkan jajaran Dishub Jatim untuk secara serius melakukan rampcheck agar penumpang dapat merasakan keamanan dan keselamatan dalam perjalanan

"Saya mohon kepada kawan-kawan yang bertugas untuk melakukan rampcheck dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga penumpang bisa merasa nyaman saat perjalanan," tutup Djoko. (LFH/TH/RK/BI)