(Jakarta, 9/7/2010) Badan Pembina Olahraga Korps Pegawai Negeri Sipil (BAPOR KORPRI) Kemenhub mengadakan petandingan catur simultan yang mempertemukan para pecatur Kemenhub sebanyak 20 orang berhadapan dengan 4 (empat) anak pecatur Junior Elang Perkasa Chess Community di kantor Kemenhub Jakarta, Jumat (9/7). Dari hasil pertandingan tersebut, 4 pecatur Kemenhub berhasil mengalahkan pecatur junior, 2 seri (remis), dan 14 pecatur Kemenhub kalah dari pecatur junior.

Pertandingan catur ini bersistem simultan, keempat pecatur junior tersebut masing-masing menghadapi 5 orang pecatur Kemenhub yang totalnya berjumlah 20 orang. Hasilnya, hanya 4 pecatur kemenhub yang berhasil mengalahkan pecatur junior, keempat pecatur tersebut antara lain : M. Akbar dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), Hendry (Ditjen Perkeretaapian), Penahatan (Ditjen Laut) dan Alex (Badan Diklat).

Inspektur Jenderal Kemenhub Zulkarnain Oeyoeb sempat memberikan sambutan sebelum pertandingan digelar, dirinya mengatakan menyambut baik pertandingan ini, dan berterima kasih kepada  Elang Perkasa Chess Community yang telah memilih pecatur kemenhub sebagai lawan tanding.

“Pertandingan catur ini sekiranya dapat terus dilakukan sehingga dapat meningkatkan pembinaan, kaderisasi dan pencarian bibit pecatur Kemenhub”, ujarnya.

Zulkarnain menambahkan, dengan pertandingan ini, keempat pecatur dari  elang perkasa setidaknya dapat mengasah kemampuan untuk bekal mengikuti pertandingan mendatang. Dirinya berharap, Semoga mereka dapat hasil yang baik dan membanggakan.

Keempat pecatur tersebut antara lain : Sean Winshand Suhandi (12 Tahun) dan Trompin Sitorus (9), Master Percasi yang berpredikat Master dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia, Kurniawan Dwi Saputra (13) dan M. Firmansyah Pratama Bahri (11)

Ketua Elang Perkasa Chess Community, M. Syamsul Bahri (Deri) mengatakan, anak-anak ini dipersiapkan mengikuti pertandingan World School Chess Championship di Kayseri Turki, pada 19-30 Juli serta Merdeka Game dan Malaysia Open di Kualalumpur, Malaysia dari 28 Agustus-8 September.

“Kami memberikan pengghargaan setinggi-tingginya kepada Kemenhub atas terselenggaranya acara ini, mudah-mudahan dgn pertandingan ini, anak-anak kami dapat mengasah kemampuan dan dapat berprestasi di event internasional nantinya,” jelasnya.

Deri mengharapkan, kegiatan yang sudah ke-3 kalinya diselenggarakan bersama Bapor Korpri ini, dapat dilakukan secara berkisenambungan yang dilakukan sebanyak 3 atau 6 bulan sekali. (RDH)