JAKARTA - Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 300 unit bus dari Damri, PPD dan Jasa Raharja untuk digunakan sebagai angkutan para peserta aksi Damai 2 Desember 2016 yang mengalami kesulitan mendapatkan angkutan saat kembali pulang ke daerahnya.

Saat ini sejumlah 200 unit bus telah siap di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Sedangkan sejumlah 100 unit bus sebagai cadangan yang saat ini siap dikerahkan bila diperlukan tambahan.

"Kita bantu mereka yang akan pulang ke daerahnya. Tadi ada yang pulang ke Lampung, Bandung, Sukabumi, Bogor, dan Serang. Saat ini sudah sekitar 50 bus yang diberangkatkan. Kita masih akan tunggu malam ini hingga besok," jelas Menhub Budi usai mengunjungi keberangkatan bus-bus bantuan tersebut di Silang Monas, Jumat (2/12).

Menhub Budi mengatakan, bus yang disiapkan juga untuk melayani peserta yang berasal dari luar pulau Jawa, seperti ke Pekanbaru hingga Medan.

"Selain disediakan bus biasa untuk jarak dekat, kita juga siapkan bus malam bisa sampai Pekanbaru sampai Medan," ujarnya.

Tidak hanya menyiapkan angkutan bus, Menhub Budi mengatakan juga menyiapkan masing-masing 2 (dua) gerbong kereta api tujuan Purwokerto dan Semarang.

Sebelumnya, pada pagi tadi (2/12), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan pengecekan terhadap kondisi bus-bus yang berada di Senayan. (JO)