PALEMBANG – Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan kesiapan dukungan prasarana dan sarana dari Kemenhub baik di Jakarta dan Palembang untuk acara Asian Games ke-18 yang akan digelar pada tahun 2018. Beberapa dukungan tersebut diantaranya pengembangan Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang, Kereta Bandara Soekarno Hatta, serta pemberian bantuan bus rapid transit (BRT).

Saat mendamping Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, pada Sabtu (8/4) di Palembang, Sekjen Sugihardjo mengatakan bahwa kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke Palembang hari ini dalam rangka mengecek kesiapan sejumlah fasilitas untuk Asian Games 2018, sekaligus memastikan dukungan Kemenhub dalam penyiapan prasarana dan sarana yang akan dipergunakan sebagai fasilitas dalam acara Asian Games, antara lain meningkatkan kapasitas layanan bandara, baik bandara Soetta dan bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Lebih lanjut Sekjen Sugihardjo menjelaskan beberapa peningkatan layanan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II mulai dari perluasan paralel taxi way dari 42 m x 31.5 m menjadi 165 m x 23 m, kemudian perluasan kargo dari luas 400 m2 menjadi 2234 m2, perluasan apron dengan kondisi eksisting 94.434 m2 menjadi 124.021 m2, serta penambahan garbarata sebanyak 3 unit menjadi 8 unit.

"Untuk bandara di Palembang, kapasitas terminal juga kita perluas dari 3.2 juta pax/tahun menjadi 4 tahap sampai tahap ultimate sebesar 15 juta pax/tahun," terang Sugihardjo.

Sementara itu, Bandara Sukarno Hatta sendiri juga mengalami perbaikan pada sejumlah titik di antaranya perluasan apron dari 1.291.766 meter persegi menjadi 1.443.629 meter persegi, perluasan terminal 1 dari 144.635 meter persegi menjadi 199.00 meter persegi dan terminal 2 dari luas 154.936 meter persegi menjadi 230.986 meter persegi.

"Dengan perluasan kapasitas bandara Soetta diharapkan dapat meningkat dari 72 gerakan/jam menjadi 86 gerakan/jam," jelas Sugihardjo.

Pada kunjungannya, Wapres beserta rombongan juga berkesempatan melihat langsung progres pembangunan LRT yang akan digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam acara Asian Games 2018.

Terkait LRT Palembang, Sekjen Kemenhub menjelaskan bahwa konstruksi LRT ditargetkan selesai pada bulan Februari 2018 sepanjang 23,5 km dengan 13 stasiun yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sampai Stadion Jaka Baring. Sampai dengan tanggal 31 Maret 2017 progres pembangunan LRT mencapai 39% dari target sebesar 34%.

"LRT target selesainya pada Februari 2018. Setelah Februari ada commisioning test yaitu test track sarananya selama 3 bulan. Sehingga keseluruhan dari sisi prasarana, sarana dan sistem operasinya akan siap operasi pada bulan Juni 2018," terang Sugihardjo.

Selain itu, Sugihardjo juga menjelaskan dukungan Kemenhub lainnya melalui transportasi darat, yaitu pemberian bantuan bus rapid transit (BRT) kepada Pemerintah Kota Palembang mulai tahun 2009 sebanyak 15 unit, tahun 2015 sebanyak 50 unit, dan tahun 2016 sebanyak 39 unit.

"Total bis yang sudah kita berikan sebanyak 104 bus mulai tahun 2009 sampai dengan 2016 dan nanti pada saat Asian Games 2018 kita berencana untuk menyewa sekitar 250 bus untuk digunakan di Jakarta dan Palembang, karena kalau kita berikan lagi dan setelah acara selesai tidak terpakai akan mubazir," jelas Sekjen.

Dukungan lain pada sisi darat adalah pengadaan dan pembangunan pengaturan persimpangan dengan menggunakan teknologi informasi (ATCS) di kota Palembang dan pemasangan perlengkapan jalan.

Lebih lanjut untuk menyambut kedatangan serta fasilitas angkutan bagi peserta Asian Games yang datang di Bandara Soekarno Hatta, Kemenhub sudah menargetkan kereta Bandara Soekarno Hatta selesai pada Juli 2017 sesuai arahan Presiden Jokowi.

"Kata kuncinya karena target Juli 2017 sementara Asian Games 2018 maka disimpulkan kereta bandara bisa untuk menunjang pergerakan dari pusat kota ke bandara atau atlet yang baru datang dari bandara ke pusat kota," ujar Sugihardjo.

Sekjen Sugihardjo juga memberikan apresiasi kepada jajarannnya di Kemenhub yang telah bekerja keras untuk mensukseskan persiapan penyelenggaraan Asian Games tahun 2018.

"Saya yakin dengan dukungan dan kerja keras semua, kita optimis bahwa ini semua akan tercapai dan kami sebagai Pimpinan dari Kemenhub memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran dari Kemenhub baik di Perkeretaapian, Darat dan Udara sudah bekerja dengan all out," ujar Sugihardjo.

Turut mendampingi kunjungan Wapres di antaranya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Selain meninjau pembangunan LRT, Wapres juga meninjau Stadion Jakabaring dan dilanjutkan dengan rapat persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Griya Agung. (LFH/TH/BS/JAB)