(Jakarta, 27/6/2012) Untuk membantu penyelamatan seekor paus yang terdampar sejak Rabu (25/7) di Pantai Sompek, Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kementerian Perhubungan melalui Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Pangkalan Tanjung Priok mengerahkan  tiga kapal bantuan untuk menarik Paus ke tengah Laut.

Berdasarkan informasi yang diterima www.dephub.go.id dari Kepala Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP), Capt. Nafri. Pagi ini, Jumat (27/7), ketiga kapal yaitu : 1 Kapal Sea Rider, dan 2 Kapal KPLP (KN 348 dan KN 206) sudah diberangkatkan dari Tanjung Priok. Bersamaan dengan itu, dikirim pula 10 personil SAR berjumlah 10 orang.

Seperti dilansir dari media, Seekor paus jenis  sperm whale terdampar sejak Rabu kemarin, masyarakat dan sejumlah penyelam sudah berusaha melakukan penyelamatan namun sampai saat ini belum bisa ditarik kembali ke tengah laut.

Saat ini dikabarkan kondisi paus berbobot sekitar 20 ton itu dalam kondisi lemah karena sudah terdampar hampir selama tiga hari. (RDH)