(Jakarta, 4/12/2010) “Dalam rangka program penghijauan di Indonesia, kami (Kemenhub) akan mendukung program penghijauan Indonesia ini dalam rangka mengurangi dampak pemanasan global,” demikian diungkapkan Menteri Perhubungan, Freddy Numberi saat melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan Taman Wisata Ala, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (4/12).

Program yang dinamakan “Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara 2010” ini merupakan program pemerintah yang di prakarsai oleh Istri Presiden RI, Ani Yudhoyono dan dilaksanakan oleh Dharma Wanita dari semua Kementerian / lembaga Negara termasuk dharma wanita  Kementerian Pehubungan.

Menhub mengatakan, Kemenhub akan membantu program ini dengan ikut menanam pohon-pohon di sekitar pesisir. “Kemenhub akan bantu, misalanya melalu Ditjen Perhubungan Laut mangakomodir lewat Adpel-Adpel untuk menanam pohon di sekitar pesisir,” jelas Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, Indonesia berupaya untuk mengurangi 26% emisi gas di Indonesia. Salah satu upayanya adalah menanam 1 milyar pohon di seluruh wilayah di Indonesia. “ Disamping upaya kita untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, kegiatan penanaman ini juga bermanfaat karena bisa dilakukan sebagai penyerapan (polusi udara),” ungkapnya.

Senada dengan Menhub, istri Menhub, Ani Numberi yang turut mendampingi Menhub saat penanaman pohon ini, juga mengatakan, penanaman pohon di sekitar pesisir pantai perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan garis pantai akibat abrasi. “ Penanaman di pesisir pantai sudah kita lakukan guna melindungi hutan pantai, melestarikan garis pantai sehingga tidak terjadi abrasi dan kerusakan-kerusakan di pesisir pantai, “ tandasnya.

Menurut Ani, program ini merupakan program dari Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Program penanaman pohon ini telah dilakukan mulai dari 2007 dan program ini memiliki target untuk menananm sebanyak satu milyar pohon. “ tahun 2008 kami telah menanam 19 juta pohon dan tahun 2009 sebanyak 22 juta pohon. Kegiatan yang dilaksanakan SIKIB bersama Ibu Negara ini turut mendukung program pemerintah untuk menuju satu milyar pohon, “ tutupnya. (RDH)