(Jakarta, 18/8/2011) Sebagai tindak lanjut keputusan bersama antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan TNI AL, Rabu lalu, (10/8) di Jakarta,  Kemenhub bersama TNI AL akan melaksanakan ujicoba pengangkutan kendaraan sepeda motor secara gratis pada musim Lebaran Tahun 2011 (1432H) yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2011 mendatang Dari Dermaga Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara dengan tujuan Tanjung Emas, Semarang.

Mudik Gratis Dengan Kapal Tahun 2011 akan dilayani dengan menggunakan kapal milik TNI AL Jenis LPD (Landing Platform Dock) yaitu kapal bantu pengangkut personil. Kapal ini mampu mengangkut 1.000 orang penumpang dan 500 unit kendaraan roda dua (Motor).

Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti program mudik gratis ini dapat mendaftar di Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub yang bertempat di Jl. Palmas No.1 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pendaftaran dibuka mulai hari ini, Kamis (18/8) sampai dengan Selasa, (23/8) mendatang atau sampai memenuhi kuota yang tersedia.

Pendaftaran bisa dilakukan pada saat jam kerja mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore dengan membawa fotocopy surat kendaraan bermotor. Sebagai catatan, bahwa untuk setiap sepeda motor yang didaftarkan, maksimal berisi 2 (dua) orang dewasa. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor kontak : 08128314580 (Sdr. Hotman Sijabat).

Berikut adalah beberapa persyaratan dan prosedur yang harus diikuti dalam program ini yaitu, Setiap sepeda motor yang diangkut harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

1. Tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan
2. Kaca spion wajib dilepas (dibawa oleh pemilik)
3. Harus ada standard tengah
4. Harus ada pegangan belakang
5. Roda berukuran standard dan tidak ceper
6. Tidak ada box di samping kiri dan kanan, maupun belakang
7. Bensin sepeda motor sewaktu diangkat hanya diperkenankan berisi setengah liter dalam tank bensin motor.
8. Memiliki STNK dan SIM yang sah. (RDH)