(Jakarta, 11/8/2011) Guna membantu mengurangi beban jalan raya di sepanjang jalur pantura terutama bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, maka pada Lebaran tahun 2011/1432H ini pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Peerhubungan bekerjasama dengan TNI AL merencanakan akan menyelenggarakan “Mudik Gratis Dengan Mengunakan Kapal”. Keputusan ini merupakan kesepakatan pada Rapat Koordinasi yang membahas Pengoperasian Kapal TNI AL untuk mengangkut kendaraan roda-2 yang diselenggarakan pada  Rabu kemarin, (10/8) di Jakarta.

Rapat yang dipimpin oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemehub, Ir. Adolf R. Tambunan telah memutuskan bahwa Mudik Gratis Dengan Kapal Tahun 2011 akan dilayani dengan menggunakan kapal milik TNI AL Jenis LPD (Landing Platform Dock) yaitu kapal bantu pengangkut personil. Kapal ini mampu mengangkut 1.000 orang penumpang dan 500 unit kendaraan roda dua (Motor).

Rencananya kapal TNI AL ini akan mengangkut para pemudik sekaligus sepeda motornya yang akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari Sabtu, tanggal 27 Agustus 2011, pukul 11.00 WIB. Bagi para pemudik yang berminat menggunakan fasilitas “Mudik Gratis  Dengan Kapal” ini  tidak dipungut biaya apapun alias gratis, termasuk keperluan makan selama dalam perjalanan Pelabuhan Tg. Priok – Tg. Emas Semarang. Bagi para pemudik yang akan memanfaatkan Mudik Gratis Dengan Kapal dapat mendaftarkan diri di Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, mulai tanggal 18 – 23 Agustus 2011.

Terkait dengan hal itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menghimbau kepada para pemudik khususnya yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motornya dapat memanfaatkan Mudik Gratis ini, sehingga akan mengurangi kepadatan dan kecelakaan yang terjadi pada masa angkutan lebaran tahun ini. (SLO)