Direktorat Jenderal Perhubungan Laut

PRAMONI TANKER WAS PIRATED, 17 INDONESIAN CREWMEN WERE SAFE

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Minggu, 03 Januari 2010
Jumlah Dilihat: 5466 kali

(Jakarta, 3/1/10)Kapal Tanker PRAMONI berbendera Singapura, pada hari Jum’at 1 Januari 2010 telah dibajak oleh para pembajak Somalia ketika melalui jalur pelayaran di Teluk Aden di sekitar perairan dekat Somalia. Kapal Tanker yang dicharter oleh perusahaan pelayaran Indonesia PT Berlian Laju Tanker tersebut ketika dibajak tengah berlayar dari Eropa menuju India. Tercatat kapal tersebut diawaki 24 orang awak dimana 17 orang diantaranya berkebangsaan Indonesia.

“Kami telah mendapat informasi bahwa 17 orang awak kapal berkebangsaan Indonesia tersebut dalam kondisi selamat,” kata juru bicara Departemen Perhubungan Bambang S. Ervan. Menurut Bambang berdasarkan informasi yang diperolehnya dari Atase Perhubungan RI di Singapura, Kapal Tanker Pramoni telah mengikuti jalur keselamatan pelayaran (Traveling Security Lines) yang dimonitor oleh UK.MTO sebuah unit keamanan pelayaran yang menjadi bagian dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris. “Namun pada tanggal 1 Januari pkl 17.30 waktu Singapura kehilangan kontak dan baru pukul 17.45 waktu Singapura diketahui kapal dibajak oleh pembajak Somalia, di wilayah Teluk Aden dekat perairan Somalia,” kata Bambang.

Dari informasi terakhir tadi padi, menurut Bambang kapal tersebut tengah dibawa para pembajak mendekati perairan pantai Somalia. Penanganan pembajakan terkait dengan keberadaan awak kapal berkebangsaan Indonesia selanjutnya akan dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri RI. (BRD)