Jakarta - Hari ini, Sabtu (5/10), Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta mulai beroperasi dari Stasiun Manggarai. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengharapkan jumlah penumpang akan semakin meningkat. Demikian disampaikan Menhub saat meninjau langsung Soft Launching Pengoperasian KA Bandara di Stasiun Manggarai, Sabtu (5/10).

"Saya harap dengan penambahan pelayanan KA Bandara menuju Soekarno-Hatta dari Stasiun Manggarai ini dapat meningkatkan okupansi dari KA Bandara ini dan bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat" jelas Menhub.

Dengan beroperasinya KA Bandara dari Stasiun Manggarai ini Menhub mengharapkan tingkat keterisian penumpang bisa naik mencapai 60% dikarenakan di Stasiun Manggarai ini banyak feedernya dibanding Stasiun BNI City.

"Kita akan intensifkan di Stasiun Manggarai ini karena merupakan stasiun sentral karena baik kereta jarak jauh maupun KRL Commuter Line berhenti di Stasiun Manggarai. Jadi bagi masyarakat dari Bogor, Bekasi dan Depok jika ingin ke Bandara Soekarno-Hatta dapat melalui KRL menuju Stasiun Manggarai kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan KA Bandara menuju Bandara Soekarno-Hatta" jelas Menhub Budi Karya.

Dengan beroperasinya KA Bandara dari Stasiun Manggarai ini Menhub mengatakan akan semakin banyak pilihan moda untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta baik itu dari segi moda transportasinya maupun lokasinya.

"Masyarakat jadi banyak pilihan baik moda, lokasi maupun waktu keberangkatan menuju bandara Soekarno-Hatta, perjalanan dari Stasiun Manggarai dalam satu hari melayani 34 perjalanan di mulai dari jam 5.10 WIB. Dari jumlah perjalanan tersebut masyarakat jadi fleksibel dalam waktun keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta" pungkas Menhub Budi Karya.

Jadwal keberangkatan KA Bandara tersedia setiap 30 menit sekali. Dengan jadwal operasional sebagai berikut :

Dari Manggarai menuju Soetta, Kereta pertama pukul 05.10 dan Kereta terakhir pukul : 21.40. Sementara, dari Soetta menuju menuju Manggarai, Kereta pertama pukul 06.20 dan Kereta terakhir pukul 23.20

Sebagai informasi saat ini hingga 31 Oktober PT. Railink memberikan harga promo sebesar Rp. 40.000 untuk layanan KA Bandara dari stasiun Manggarai dengan waktu tempuh 57 menit. Ada pula Promo tiket yang bisa didapatkan secara gratis untuk 100 penumpang pertama.

Dengan soft launching ini, maka kereta bandara melayani lima stasiun yaitu mulai Stasiun Manggarai, BNI City, Duri, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno Hatta.

Turut hadir dalam acara soft launching pengoperasian KA Bandara Soekarno Hatta dari Stasiun Manggarai, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, jajaran PT Railink, PT KAI dan Adhi Karya. (MM/RDL/YSP/HA)

Jakarta, 5 Oktober 2019

KEPALA BIRO KOMUNIKASI DAN INFORMASI PUBLIK

HENGKI ANGKASAWAN

Facebook: Kemenhub151

Twitter: @kemenhub151

Instagram: Kemenhub151

Youtube: Kementerian Perhubungan RI

Contact Center: info151@dephub.go.id

Call Center: (021) 151