SOLO - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo ditargetkan akan selesai pada Februari 2019. Hal tersebut disampaikan Menhub kepada awak media saat berada di KA Prameks Solo-Jogjakarta, Minggu (6/5).

"Saya tadi habis rapat mengenai KA Bandara Solo sekarang proses penyelesaian tanah. Untuk tender sudah selesai paling lambat Februari 2019 selesai," jelas Menhub Budi.

Untuk memperlancar proses pembangunan pembebasan lahan sedang dilakukan. Koordinasi dengan beberapa pihak terkait yaitu TNI Angkatan Udara dan masyarakat.

"Pembebasan lahan akan dikoordinasikan dengan TNI Angkatan Udara dan Masyarakat. Untuk TNI Angkatan Udara akan kami koordinasikan sedangkan dengan masyarakat akan dilakukan oleh pemerintah wilayah setempat, sejauh ini Walikota Solo sudah melaksanakan dengan baik sekali," ujar Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub mengatakan pola antar moda akan terus dikembangkan untuk mendukung konektivitas dan memenuhi kapasitas pengembangan infrastruktur.

“Bandara Adi Soemarmo pada tahun lalu naik 30% jumlah penumpangnya, tahun depan bisa naik 30% lagi, PT. Angkasa Pura I sudah berencana membangun Bandara Adi Soemarmo menjadi bandara dengan kapasitas yang lebih besar, menjadi 3 juta penumpang/tahun," tutup Menhub Budi. (MM/TH/RK/BI)