JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sore ini, Rabu (1/1) melakukan peninjauan ke Bandara halim Perdana Kusumah, Jakarta, yang sempat ditutup hari ini karena adanya genangan air di area runway. Operasional Bandara Halim PK sendiri telah dibuka sejak pukul 14.30 WIB sore tadi.

Berangkat dari Stasiun Gambir usai kunjungan kerja di Cirebon, Menhub langsung bergerak menuju Bandara Halim PK. Di sana, Menhub memantau kondisi runway yang sempat tergenang.

“Hasil inspeksi dan asesment di lapangan , runway dan lampu sudah dapat berfungsi kembali. Sore ini Bandara Halim sudah di buka dan besok sudah bisa operasi normal kembali,” ujar Menhub.

Hari ini di Bandara Halim, pesawat yang dapat beroperasi adalah pesawat bertipe sejenis A320 dan Boeing 737, dikarenakan runway belum dapat berfungsi optimal menyusul masih ada genangan air di tepi runway. Diharapkan besok bandara sudah dapat berfungsi normal.

Kementerian Perhubungan terus memonitoring dan berkoordinasi dengan operator bandara, operator penerbangan terkait perkembangan kondisi Bandara Halim Perdana Kusumah.(HH/RDL/YSP/HA)