(Bandung, 22/05/2012) Pada hari pertama Pertemuan The 33rd ASEAN Senior Transport Officials Meeting (STOM) yang berlangsung hari ini, Selasa (22/05) di Bandung, Indonesia menyampaikan secara resmi kepada pertemuan usulan untuk membentuk suatu forum tersendiri bagi pertemuan focal point Search and Rescue (SAR) antar negara anggota ASEAN.

Pada pembahasan agenda Maritime Transport, yang dipimpin oleh Chair Person, Moh. Iksan Tatang, Indonesia menyampaikan bahwa selama ini, pembahasan terkait Search and Rescue (SAR) khususnya di sektor laut dan udara hanya berada di bawah ASEAN Maritime Transport Working Group (AMTWG), pada agenda Review the 1975 Agreement for the Facilitation of Search of Ships in Distress and Rescue of Survivors of Ship Accidents. Oleh karena itu, Indonesia merasa perlu agar dibentuk suatu forum pembahasan khusus mengenai SAR  agar ke depannya, para negara anggota ASEAN dapat semakin fokus terhadap penanganan SAR di wilayah ASEAN dan meningkatkan kerjasama di bidang SAR.

Selanjutnya, delegasi Indonesia juga menyampaikan usulan untuk mereview dan melakukan evaluasi ulang terhadap The 1975 Agreement for the Facilitation of Search of Ships in Distress and Rescue of Survivors of Ship Accidents, dan The 1972 Agreement for the Facilitation of Search for Aircraft Distress and Rescue of Survivors of Aircraft Accidents.

Usulan pembentukan Forum Search and Rescue (SAR) Sub Working Group di bawah ASEAN Maritime Working Group ini diajukan agar forum pertemuan SAR dapat lebih fokus dalam pembahasannya. Terhadap usulan Indonesia ini, forum pertemuan menyepakati dan meminta Indonesia untuk menindaklanjuti dan mempersiapkan proposal tersebut lebih matang agar dapat diajukan pada pertemuan ASEAN MTWG mendatang akhir tahun 2012 ini di Myanmar.

Beberapa Transportation Working Group yang telah menyampaikan update-nya adalah : Hasil ASEAN Air Transport Working Group (ATWG), yang telah diselenggarakan pada 23-26 April 2012 di Bangkok, Thailand disampaikan oleh Thailand sebagai chair Working Group, ASEAN Maritime Transport Working Group (MTWG), yang telah berlangsung pada 19-21 Maret 2012 di Yangon, Myanmar, disampaikan oleh Myanmar sebagai chair, dan ASEAN Transport Facilitation Working Group (TFWG) yang telah berlangsung pada 2-4 Mei 2012 di Kuala Lumpur, Malaysia, disampaikan oleh delegasi Malaysia sebagai chair working group tersebut.

Khusus untuk ASEAN Land Transport Working Group, Lao PDR sebagai host pertemuan tersebut menyampaikan pada forum pertemuan  bahwa The 22nd ASEAN Land Transport Working Group (LTWG) akan diselenggarakan back-to-back dengan the 3rd Meeting of ASEAN Multisectoral Road Safety Special Working Group (MRSSWG) pada 3-5 Juli mendatang di Vientiane, Lao PDR. (RS)