Jakarta – Untuk menggaet turis mancanegara, Bandara Soekarno Hatta siap untuk menjadi Bandara Hub Internasional yang melayani penerbangan langsung untuk tujuan internasional. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (12/5).

“Bandara Soekarno Hatta telah siap untuk menjadi Bandara Hub Internasional, karena kami lebih ingin mendorong maskapai dalam negeri yang membuka rute Internasional untuk menggaet turis mancanegara,” jelas Menhub.

Menhub menelaskan, Bandara Soekarno Hatta terus dibangun agar kapasitasnya lebih optimal. Misalnya seperti, pembangunan landasan pacu ( Runway) 3 yang dibangun untuk mempercepat arus masuk dan keluar pesawat, serta menampung maskapai luar negeri, serta rencana pembangunan terminal 4.

Selain Bandara Soekarno Hatta, Bandara Ngurah Rai Bali juga menjadi salah satu bandara yang bisa menjadi hub internasional Indonesia.

Sementara maskapai nasional terus berupaya menambah rute penerbangan internasional, seperti misalnya Garuda Indonesia yang pada tahun ini akan menambah rute penerbangan internasional ke Turki, Rusia dan Korea Selatan.

Menurut Menhub strategi tersebut lebih baik untuk industri penerbangan nasional dibanding harus mengandalkan penerbangan Internasional yang datang ke Indonesia dengan menjadikan bandara di negara-negara seperti Singapura, Malaysia dan Thailand menjadi tourism Hub untuk Indonesia.

Lebih lanjut Menhub mengatakan bahwa saat ini jumlah turis di negara-negara tetangga seperti Thailand, Malaysia dan Singapura dengan Indonesia masih ada gap. Sehingga diperlukan strategi-strategi pemasaran tourism agar turis yang telah sampai ke Thailand, Malaysia dan Singapura, juga tertarik ke Indonesia.(RDL/CA/HA)