EST (Environmentally Sustainable Transport) adalah forum internasional yang membahas masalah-masalah transportasi yang terkait dengan isu lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. The 7th Regional EST Forum in Asia dan Global Meeting on Sustainable Transport akan dilaksanakan di Bali, Indonesia pada tanggal 23-25 April 2013. Sehari sebelumnya, yaitu pada tanggal 22 April 2013, di tempat yang sama akan dilaksanakan Indonesia Environmentally Sustainable Transport yang akan dihadiri oleh Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan terkait.

The 7th Regional EST Forum in Asia dan Global Meeting on Sustainable Transport akan dihadiri sekitar 250-300 peserta dari 23 negara, yaitu Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Cambodia, China, India, Indonesia, Japan, Lao PDR, Malaysia, Maldives, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, the Philippines, Republic of Korea, Russian Federation, Singapore, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.

Menteri Perhubungan dijadwalkan akan membuka The 7th Regional EST Forum in Asia dan Global Meeting on Sustainable Transport sekaligus memberikan sambutan bersama Menteri Lingkungan Hidup RI, Menteri Lingkungan Hidup Jepang, dan Direktur UNCRD (United Nations Centre for Regional Development).

Tujuan 7th Regional EST Forum in Asia adalah untuk :

  1. Mendukung Visi 3 Zero (Zero Congestion, Zero Pollution, and Zero Accident) sebagai pedoman prinsip dalam diskusi dan pengembangan kebijakan, program, teknologi, kelembagaan dan kebutuhan pembiayaan, serta langkah-langkah lainnya yang berkontribusi terhadap sistem transportasi generasi berikutnya untuk abad 21 pasca Rio+20.
  2. Memberi kontribusi terhadap peningkatan pemahaman tentang peran EST dalam konteks Hasil Rio+20 – The Future We Want (Masa Depan yang Kita Inginkan);
  3. Membangun konsensus dalam hal pilihan kebijakan transportasi berkelanjutan, intervensi teknologi dan langkah-langkah kelembagaan dalam sektor transportasi menuju komunitas yang tangguh;
  4. Mendiskusikan dan menyetujui modalitas untuk bergerak menuju kerjasama regional tentang angkutan hijau di asia.
  5. Menyediakan sebuah platform untuk koordinasi antarlembaga, baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional, untuk memfasilitasi kemitraan dan kolaborasi antara pemerintah, bank-bank pembangunan, organisasi internasional, LSM, dan badan-badan pendonor bilateral dan multilateral dalam mengimplementasikan secara efektif Deklarasi Bangkok 2020 dan memberi kontribusi terhadap Hasil Rio+20 – The Future We Want (Masa Depan yang Kita Inginkan); dan
  6. Mengevaluasi prakarsa, pencapaian dan praktik terbaik dari negara-negara dalam menyikapi Tujuan di bawah Deklarasi Bangkok 2020.

The 7th EST Forum akan  membahas beberapa bidang seperti EST dalam Konteks Hasil Rio +20, Non-Motorized Transport (NMT)/ kendaraan tidak bermotor, keselamatan jalan dan keadilan sosial, Integrasi Moda Transportasi Umum sepenuhnya, membangun infrastruktur dan jasa transportasi yang tangguh melalui langkah-langkah EST, Pembahasan Perjanjian Regional Angkutan Hijau /Green Freight di Asia, dan lain-lain.