Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Dukung Target Wisatawan Mancanegara, Menhub Apresiasi Penerbangan Langsung AirAsia Macau-Jakarta

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Senin, 07 Agustus 2017
Jumlah Dilihat: 532 kali

TANGERANG. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi terhadap AirAsia yang telah melakukan penerbangan langsung dari Jakarta menuju Macau. Hal ini disampaikan oleh Menhub saat memberikan sambutan dalam acara Konferensi Pers AirAsia Indonesia Penerbangan Perdana Macau-Jakarta di bandara Soekarno-Hatta pada Senin (7/8).

"Saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada AirAsia. Saya juga mendukung apabila AirAsia akan mengembangkan secara intensif China atau Macau menjadi tempat yang strategis di mana tempat itu adalah kota wisata dan di semua kota-kota di China itu praktis akan ke Macau. Oleh karenanya dengan kita membuka penerbangan langsung Jakarta ke Macau secara tidak langsung kita mendorong dan meningkatkan konektivitas internasional untuk memenuhi target wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia," ujar Menhub Budi.

Menhub mengimbau kepada AirAsia untuk terus melakukan campaign di luar negeri, bahwasanya Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan 5% itu untuk negara G20 itu nomor 3 setelah China dan 5% luar biasa. Dan baru saja pemerintah Indonesia mendapatkan apresiasi menjadi negara yang paling apreciate dengan investor, jadi paling membuka diri.

"Oleh karenanya sejalan dengan hal tersebut, saya pikir relevan jika AirAsia melakukan suatu upaya yang bersifat mempromosikan dan meningkatkan kemampuan kapasitas dan sebagainya," tambah Menhub.

Menhub juga menyampaikan agar AirAsia terus membuka peluang penerbangan langsung dari kota-kota yang ada di Indonesia khususnya ke India dan ke China karena memang turis dari negara itu potensial dan potensi kerja sama ekonomi antara kedua negara itu dengan indonesia sangat baik.

Dalam kesempatan itu Menhub Budi tidak lupa mendorong semua maskapai untuk terus mengkampanyekan safety, safety is a must, safety suatu keharusan.

"Semua awak itu harus memiliki kualifikasi tentang keselamatan karena dengan keselamatan lah kita bisa mengembangkan penerbangan ini secara lebih baik dan memberikan suatu ruang bisnis yang baik," tutup Menhub.

Sementara itu, Deputi Menteri Bidang Pengembangan Pasar Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gede Pitana, mengapresiasi langkah AirAsia Indonesia membuka penerbangan langsung Macau-Jakarta tersebut.

"Selama ini kontribusi AirAsia cukup besar dalam membawa turis asing ke Indonesia. Bisa dikatakan, bahwa dari empat turis asing yang berkunjung, satu diantaranya itu dibawa oleh AirAsia, dan saya mengharapkan, AirAsia dapat terus meningkatkan jumlah rute penerbangan ke Indonesia untuk kedepannya," jelas Gede.

Sementara itu, Dendy Kurniawan CEO Grup AirAsia di Indonesia, menyampaikan bahwa melalui rute ini AirAsia Indonesia bekerja sama dengan pihak Kementerian Pariwisata berupaya memasarkan pesona pariwisata tanah air, tidak hanya di Macau namun juga mentargetkan hingga ke wilayah di sekitar Macau yaitu hingga ke kawasan Zu Hai, Hongkong, ShenZhen, Dong Guan, Wi Zhou, Guang Zhou, Xiao Qing, dan Zhiang Mai untuk berwisata ke Indonesia. Hal ini tentunya sekaligus merupakan wujud dan komitmen AirAsia Indonesia guna mendukung pemerintah dalam mensukseskan program kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019.

Maskapai AirAsia Indonesia resmi melayani rute penerbangan langsung Macau-Jakarta dan sebaliknya dengan frekuensi terbang 3 kali seminggu dan mulai 1 September akan ditingkatkan menjadi 4 kali seminggu dengan menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 kursi.

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut Deputi Menteri Bidang Pengembangan Pasar Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gede Pitana, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Co Founder CEO AirAsia Tonny Fernandes, CEO Grup AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan serta Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

(YP/TH/BS/HA)