PALEMBANG - Untuk lebih mendukung aspek transportasi pada penyelenggaraan Asian Games beberapa waktu lagi, Kementerian Perhubungan menyerahkan 5 bus air kepada Pemerintah Daerah Sumatera Selatan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penyerahan bus air ini dilakukan untuk melayani kebutuhan masyarakat khususnya selama penyelenggaraan Asian Games 17 hari lagi.

“Pak Presiden Joko Widodo selalu tidak lupa dengan Palembang, dengan segala upaya-upaya pak Gubernur dan masyarakat memberikan suatu suguhan layanan bagi masyarakatnya dan masyarakat dunia menjadikan Palembang menjadi salah satu kota yang disegani,” kata Menhub Budi di Palembang, Rabu (1/8).

Selain untuk mendukung konektivitas di Sumatera Selatan, Menhub berharap nantinya kelima bus air ini dapat lebih mendukung sektor pariwisata di Palembang.

Lanjut Menhub, kelima bus air ini dibangun dengan menggunakan APBN dengan nilai investasi Rp 13,2 milyar. Terkait kapasitas bus air Menhub menyebut bus air ini dapat menampung jumlah penumpang sebanyak 20 orang.

“Bus air memiliki kapasitas penumpang 20 orang penumpang dan 2 ABK. Kapal ini dibangun dengan APBN sebesar Rp 13,2 milyar,” jelas Menhub.

Selain itu, kata Menhub bus air ini juga dilengkapi perlengkapan keselamatan, perlengkapan pemadam kebakaran, dan perlengkapan navigasi.

“Safety sangat penting untuk itu di tiap kapal sudah dilengkapi rigid life raft kapasitas 10 orang, life jacket 30 buah, parachute signal, smoke signal, dan beberapa perlengkapan keselamatan lainnya,” ujar Menhub.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memastikan fasilitas bus air ini dapat dipergunakan oleh seluruh masyarakat.

“Bus air ini dapat digunakan untuk siapa saja yang membutuhkan tapi yang diprioritaskan untuk kepentingan terkait langsung dengan Asian Games,” ucap Alex.

Alex pada kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih atas penyerahan 5 bus air dari Kementerian Perhubungan. (GD/TH/RK/BI)