(Jakarta/22/04/2014) - Badan Litbang Kementerian Perhubungan, Rabu, (23/4) akan menggelar Roundtable Discussion dengan mengangkat tema “Evaluasi Implementasi Program Peningkatan Keselamatan Perkeretaapian”. Acara ini dijadwalkan dibuka oleh Kepala Badan Litbang Perhubungan DR. Elly Adriani Sinaga, M.Sc, bertempat diruang rapat utama kantor Badan Litbang Kementerian Perhubungan Jl. Merdeka Timur Jakarta Pusat.

Bertindak sebagai narasumber kegiatan ini  Purwoko SIP (Peneliti Madya Perkeretaapian,Badan Litbang Perhubungan ) dengan topik bahasan “ Evaluasi Tingkat Keselamatan Perkeretaapian Di Indonesia”. Dijadwalkan pula akan hadir sebagai pembicara pada acara diskusi kali ini adalah Direktur Jenderal Perkeretaapian, dengan topik pembahasan “Evaluasi Pencapaian Program Peningkatan Keselamatan Perekerataapian Menuju Zero Accident”.

Selain itu, Kepala Pusat Tenaga Listrik dan Mekatroniuka dari LIPI akan ikut memberikan paparan dengan topik “Penerapan teknologi Dalam Rangka Peningkatan Keselamatan Perkeretaapian (Penerapan Black Box pada Perkeretaapian, Penerapan Early Warning System), yang bertujuan untuk menghindari tabrakan antar kereta api. Penerapan Early Warning System Untuk Mengatasi Longsor, serta Penerapan Early Warning System pada Perlintasan Sebidang”. 

Akan hadir pula pembicara dari Departement of Railway Reseach, The Korea Transport Institute (KOTI), Dan  Ho  Lee, Associate Research Fellow, Ph.D., dengan topic “ Enhanching Safety of Railroad Grade Crossing in Korea”. 

Penyaji materi dan narasumber yang akan memberikan paparan berasal dari berbagai pihak seperti Staf Ahli Menhub Bidang Keselamatan Perhubungan, Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia ( Persero), Direktur Transportasi, Deputi Sarana dan Prasarana BAPPENAS, Ketua Umum MASKA, Ketua KNKT, Kepala  Pusat Penelitian Geoteknologi, LIPI dan  Djoko Setijowarno (Pengamat Transportasi). Dan yang akan bertindak sebagai moderator acara adalah Kepala Puslitbang Darat dan Perkeretaapian, M. Yugihartiman, ATD, M.Sc. (HST)