(Jakarta 04/09/10) Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Suroyo Alimoeso melepas dua buah truck khusus yang mengangkut 36 motor calon pemudik untuk tujuan Semarang dan Purwokerto, Sabtu (04/09).

 Suroyo Alimoeso mengatakan, ekspedisi mudik sepda motor dengan menggunakan truck merupakan uji coba pada masa angkutan lebaran tahun 2010.

Sebagaimana diketahui kantor Kementerian Perhubungan menerima pendaftaran masyarakat yang akan melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor di lobby Gedung Cipta Kementerian Perhubungan sejak Senin, 30 Agustus 2010 hingga 04 September 2010.

 Pemberangkatan sepeda motor di halaman kantor Perum PPD, Jl D.I Panjaitan, Cawang, Jakarta Timur, sedangkan calon pemilik sepeda motor akan diangkut dengan bus pada hari Minggu, 05 September 2010 dari tempat yang sama.

 Adapun tempat pengambilan motor dilakukan pada Senin, 06 September 2010. Di Semarang pengambilan dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Tengah, di Jl Siliwangi No 356-37 Semarang, sedangkan di Purwokerto dapat diambil di terminal Purwokerto, Jl Suwatiyo No 6, Purwokerto.

 Hingga terakhir pendaftaran, calon penumpang tujuan Semarang sebanyak 37 orang dengan jumlah kendaraan sebanyak 21 unit. Namun realisasi calon penumpang yang berangkat untuk tujuan Semarang hanya 27 orang dengan jumlah sepeda motor 16 unit. Sedangkan untuk tujuan Purwokerto jumlah pendaftar sebanyak 48 orang dengan jumlah sepeda motor 25 unit. Namun realisasi calon penumpang untuk tujuan Purwokerto hanya 29 orang dengan jumlah sepeda motor 20 unit.

 Total realisasi calon penumpang yang ikut dalam program ini sebanyak 56 orang, 27 orang tujuan Semarang dan 29 orang tujuan Purwokerto dengan jumlah sepeda motor yang diangkut sebanyak 36 unit, 16 unit tujuan Semarang dan 20 unit tujuan Purwokerto.

 ''Adapun alasan pendaftar yang tidak jadi berangkat dikarenakan masa cuti bersama dilaksanakan mulai hari Kamis tanggal 09 September 2010 hingga pendaftar masih menggunakan sepeda motornya untuk aktivitas kerja,'' kata Suroyo.

 Di sampaikan oleh Suroyo, pada program ekspedisi mudik sepeda motor menggunakan truck yang merupakan kerjasama Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, PT Jasa Raharja (Persero) dan perusahaan ekspedisi PT Rangkas Tata Lestar ini, calon penumpang tidak dikenakan biaya apapun sedangkan sepeda motornya diasuransikan. (BRD/tim)