JAKARTA – Sektor Perhubungan memiliki peran strategis dalam keberhasilan pembangunan. Melalui sektor transportasi dapat terjalin konektivitas di seluruh wilayah tanah air Indonesia sehingga dibutuhkan sumber daya manusia transportasi yang handal guna mewujudkan transportasi yang aman, selamat dan nyaman.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Reform Leadership Training bagi pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkungan Kemenhub untuk memenuhi kebutuhan akan kompetensi aparatur perhubungan dan kualitas pimpinan yang baik.

“Indonesia saat ini menjadi salah satu negara yang memiliki potensi nomor 4 di dunia dalam aspek ekonomi. Oleh karenanya untuk menyongsong apa yang akan dilakukan oleh pemerintah Indonesia kita harus mempersiapkan tokoh – tokoh masa depan dari Kemenhub dan Anda adalah pilihan kita untuk tokoh masa depan Kementerian Perhubungan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya pada acara Reform Leadership Training di Ruang Nanggala Kementerian Perhubungan pada Senin (10/9).

Reform Leadership Training ini diikuti oleh 227 peserta dari pejabat administrator, pengawas dan fungsional Kemenhub Indonesia. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 10 September s.d 5 November 2018 berlokasi di Jakarta dan Surabaya yang dibagi dalam 7 kelompok.

Adapun kegiatan ini berisikan ceramah umum dan training dengan total durasi 53 jam dengan materi yang diberikan antara lain bidang hukum dan reformasi biokrasi perhubungan, logistic, multimoda dan keselamatan perhubungan, Sumber Daya Manusia dan transportasi berkelanjutan, kepimpinan entrepreneurship, kepemimpinan transportasi nasional, inovasi sektor publik, manajemen inovasi dan leadership, organization service of excellence dan change management.

Menhub berharap pelatihan ini dapat menghasilkan aparatur perhubungan yang memiliki karakter yang kuat, berwawasan kebagsaan, memiliki perspektif global dan memimpin perubahan untuk teruwujudnya pemerintahan berkelas dunia (World Class Governance).

“Oleh karenanya tanamkan semangat, tanamkan kebanggaan. Bekerjalah dengan hati. Dedikasi yang luar biasa akan menjadikan kita orang-orang yang hebat,” tutur Menhub Budi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenhu Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Plt Dirjen Perhubungan Udara Pramintohadi, Kepala BPSDM Perhubungan Umiyatun Hayati, Staf Khusus Menhub Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi Prof Wihana Kirana Jaya, dan pejabat Eselon 2 di lingkungan Kemenhub. (LFH/TH/RK/BI)