JAKARTA - Ingin lebih meningkatkan pelayanan demi kenyamanan penumpang kereta api (KA) Commuterline Jabodetabek, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi didampingi Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono naik KA Commuterline Jabodetabek lintas Stasiun Palmerah - Stasiun Serpong - Stasiun Tanah Abang, Kamis (10/11).

"Saya mau melihat langsung pelayanan KRL Jabodetabek karena sudah banyak penumpang yang gunakan. Waktu tempuh Serpong ke pusat (Jakarta) dengan angkutan jalan lebih dari 2 jam, sedangkan kalau naik kereta api kan cuma setengah jam, jadi semua lapisan masyarakat lebih memilih naik kereta", ujar Menhub.

Untuk itu lanjutnya Menhub berencana akan menambah frekuensi perjalanan KA Commuterline pada jam padat penumpang, "kita pikirkan bagaimana saat keberangkatan (jam sibuk) ke sini lebih banyak, atau nambah rangkaian", lanjut Menhub.

Menhub berharap pelayanan transportasi pada moda KA dapat lebih baik lagi, dan dapat menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan di jalan raya khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta sehingga nantinya dapat mendidik masyarakat untuk mau beralih dari angkutan pribadi ke angkutan umum atau angkutan massal.

Pada kesempatan tersebut Menhub menjelaskan bahwa saat ini pembangunan jalur double double track (DDT) dan renovasi stasiun Manggarai bisa mengalami keterlambatan.

"Manggarai itu mestinya selesai dalam 2 tahun tapi kalau begini bisa 5 tahun itu", ungkap Menhub.

Dengan adanya kemungkinan keterlambatan pembangunan ini, Menhub mengatakan akan mempertimbangkan untuk memaksimalkan pengerjaan pembangunan pada waktu malam hari, sehingga keterlambatannya bisa diminimalkan.

Dalam tinjauan kali ini, selain melihat kondisi stasiun dan KA langsung, Menhub Budi juga menyoroti tentang kepadatan lalu lintas kendaraan di sekitar stasiun, karena lahan parkir di stasiun yang kurang memadai. Menurutnya masih banyak masyarakat yang parkir atau berhenti di bahu jalan sehingga hal ini menyebabkan kemacetan jalan di sekitar stasiun.

"Saya lihat banyak mobil-mobil yang mengantarkan penumpang pada parkir di badan jalan, jadi malah membuat macet, kita evaluasi dan cari penyelesaian yang paling pas", jelas Menhub. (GD/TH/BS/BSE)