MAGELANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan 5 unit bus bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Magelang dan Temanggung. Rinciannya 3 unit bus untuk Pemerintah Kabupaten Magelang dan 2 unit bus untuk Pemerintah Kabupaten Temanggung. Penyerahan bus ini bertempat di Pendopo Bupati Magelang, Minggu (15/10).

"Penyerahan bus ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Perhubungan untuk merealisasikan program "Nawa Cita" yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019," jelas Menhub Budi.

Dengan pengadaan bus ini diharapkan masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah terutama dalam hal penyediaan sarana dan prasarana transportasi darat yang memadai, serta meningkatkan pelayanan jasa transportasi umum.

“Saya diperintahkan oleh Presiden untuk menyapa Kabupaten di seluruh Indonesia. Untuk menjelaskan program yang sudah ada dan minta masukan dari bapak-bapak Bupati apa yang harus kita lakukan sambil kita memberikan apa hal-hal yang diperlukan. Harapannya adalah dengan adanya bus ini masyarakat dapat lancar bermobilisasi," harap Menhub.

Dengan diserahkannya bantuan bus kepada pemerintah daerah, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas moda transportasi umum di indonesia, meningkatkan pelayanan jasa transportasi umum, dan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat.

Selain penyerahan bus, pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis pengadaan dan pemasangan fasilitas perlengkapan jalan berupa Alat Penerangan Jalan (APJ). Lampu jalan atau dikenal juga sebagai Alat Penerangan Jalan (APJ) adalah lampu yang digunakan untuk penerangan jalan di malam hari sehingga mempermudah pejalan kaki, pesepeda dan pengendara kendaraan dapat melihat dengan lebih jelas jalan/medan yang akan dilalui. APJ juga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan para pengguna jalan dari aksi kriminal.

Alat Penerangan Jalan (APJ) merupakan bagian dari fasilitas perlengkapan jalan yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan kenyamanan berkendara. APJ dipasang sesuai dengan spesifikasi teknis dan tata cara penempatan APJ yang berlaku.

Lebih lanjut Menhub menyebutkan bahwa Pemerintah berkewajiban membangun infrastruktur sebaik mungkin, termasuk infrastruktur jalan, agar masyarakat dapat memanfaatkan dan meningkatkan kesejahteraannya. Jalan sangat berguna sebagai transportasi bagi semua orang yang menggunakannya dalam menunjang segala aktivitas sehari-hari baik di siang hari maupun malam hari. Salah satu upaya untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan jalan yaitu dengan memperhatikan keberadaan lampu jalan.

“Kegiatan pengadaan dan pemasangan fasilitas perlengkapan jalan merupakan kegiatan strategis dan prioritas, secara rutin tiap tahun dilaksanakan. Sebagai contoh dilaksanakan pada daerah tertentu yang memerlukan penanganan khusus, telah dipasang sebanyak 30 unit di Kabupaten Temanggung. Sedangkan untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan kawasan pariwisata di Kabupaten Magelang akan dilakukan pemasangan APJ sebanyak 70 unit, dimana saat ini sedang dilakukan finalisasi survei lapangan,” jelas Menhub.

Sementara itu Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan penyerahan bus bantuan ini diharapkan dapat menambah semangat kerja di jajaran pemerintah daerah, baik di Kabupaten Magelang maupun di Kabupaten Temanggung.

“Semoga pemberian bantuan ini dapat menambah semangat kami untuk terus berkarya. Dan juga pemberian APJ untuk peningkatan sektor wisata semoga bisa meningkatkan semangat kami jajaran pemerintah Kabupaten Magelang maupun Kabupaten Temanggung untuk terus berkarya dalam bidang pariwisata,” tutup Menhub.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Magelang Zaenal Arifin, Bupati Temanggung Bambang Sukarno, Anggota Komisi V DPR RI Sujadi, Plt Dirjen Perhubungan Darat Hindro Surahmat, Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono, dan Direktur Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Cucu Mulyana. (HH/TH/BS/BI)