Tema "Towards A Decade Of Action"  dipilih mengingat kecelakaan transportasi jalan telah menjadi penyebab kematian nomor 5 tertinggi di dunia. Seperti disampaikan Rob McInerney dari International Road Assessment Programme (iRAP), di negara-negara berpendapatan per kapita rendah dan menengah, 3.500 jiwa tewas dan 100 ribu orang cedera berat akibat kecelakaan di jalan setiap harinya. Satu dekade ke depan menyediakan suatu kerangka waktu untuk tindakan-tindakan yang mendukung komitmen global dalam rangka mengurangi jumlah kematian atau cedera berat akibat kecelakaan di jalan.

"Tema tersebut menekankan pentingnya tindakan yang berkesinambungan dan kerjasama serta kolaborasi yang meliputi berbagai wilayah negara di Asia untuk membuat suatu perubahan," demikian dinyatakan Robert Klein, Asia Regional Director GRSP dalam sambutan pembukaannya.

Robert Klien juga menjelaskan bahwa GRSP Asia Road Safety Seminar tahun ini bertujuan:

  • meningkatkan upaya global untuk mengurangi trauma kecelakaan transportasi jalan, dan memperluas jaringan untuk saling mendukung dalam berbagi informasi, pelaksanaan tindakan dan pengetahuan;
  • mengidenfikasi upaya-upaya yang perlu dilakukan dan ditingkatkan selama satu dekade ke depan.

Seminar Keselamatan Transportasi Jalan Global se-Asia Tahun 2009 ini dihadiri oleh delegasi dari 19 negara, beberapa di antaranya, yaitu: Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Myanmar, Thailand, RRC, Australia, dan Filipina. Seminar tersebut dihadiri pula oleh perwakilan dari organisasi-organisasi internasional yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan keselamatan transportasi jalan seperti United Nations Regional Commission for Asia and the Pasific (UNESCAP), International Road Assessment Programme (iRAP), FIA Foundation, dan World Health Organization (WHO). (RD)