(Bandung, 22/05/2012) "Penguatan kerjasama dan keterlibatan penuh semua pihak yang terkait dalam kerjasama ASEAN STOM sangat penting artinya dalam rangka mewujudkan berbagai measures yang telah ditetapkan dalam ASEAN Strategic Transport Plan dan Brunei Action Plan (BAP) di dalam masing-masing working group, untuk menciptakan ASEAN Connectivity pada 2015." Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Moh. Iksan Tatang dalam sambutan awalnya memimpin pertemuan The 33rd ASEAN Senior Transport Official Meeting (STOM) hari pertama (22/05) setelah terpilih sebagai Chair Person.

Selanjutnya, Tatang kembali mengingatkan para delegasi mengenai pentingnya dukungan dari kerjasama sub regional yang telah ada di lingkungan regional ASEAN, seperti : Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philipina East Growth Area (BIMP-EAGA), Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), dan Great Mekong Sub Region (GMS) terhadap peningkatan kerjasama transportasi di kawasan regional ASEAN.

Beberapa agenda pertemuan yang telah selesai dibahas pada hari pertama antara lain mengenai tindak lanjut dari beberapa hasil pertemuan The 20th ASEAN Summit dan ASEAN Coordinating Bodies, seperti The 20th ASEAN Summit and related Summit pada 3-4 April 2012 di Phnom Penh, Kamboja, The 7th Meeting of the ASEAN Economic Community (AEC) Council pada 2 April 2012 di Phnom Penh, Kamboja, The ASEAN Connectivity Cordinating Committee (ACCC) to the 10th Meeting of the ASEAN Coordinating Council pada 2 April 2012, dan The 2nd Meeting of the ASEAN Senior Economic Officials for the 43rd ASEAN Economic Ministers Meeting (SEOM 2/43) pada 14-15 Mei 2012 di Makaty City, Filipina.

Pada hari yang sama, ahli ekonomi dari Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) Ikumo Isono dan Senior Research Fellow, IDE-JETRO Project Advisor ERIA, So Umezaki menyampaikan presentasi mengenai Transport Facilitation and Connectivity, A Mid Term Review of the ASEAN Economic Community (AEC).

Forum pertemuan The 33rd ASEAN Senior Transport Official Meeting (STOM) menyepakati Indonesia STOM Leader, Mr. Moh. Iksan Tatang, terpilih sebagai Chair Person Pertemuan The 33rd ASEAN STOM, 22-24 Mei 2012 di Bandung. Sementara itu, untuk Vice-Chair terpilih Mr. Math Sounmala, STOM Leader Lao PDR. Pemilihan Chair person dan Vice Chair mengawali pertemuan hari pertama The 33rd ASEAN STOM (22/05/2012), yang akan berlangsung selama 3 hari ke depan hingga 24 Mei 2012. Sebelumnya pada pagi harinya, forum pertemuan tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Perhubungan RI, E.E. Mangindaan dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf. (RS)