(Bali, 26/11/2012) Menteri Perhubungan, E.E. Mangindaan. Hari ini, Senin (26/11) membuka secara resmi The 34th ASEAN Senior Transport Officials Meeting(34th ASEAN STOM) dan The 18th ASEAN Transport Ministers Meeting yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

"Pertemuan kali ini merupakan kesimpulan dari pertemuan di Kamboja akhir tahun lalu yang juga saya hadiri. Dalam pertemuan tersebut, beberapa usulan sudah disampaikan dalam working group," demikian disampaikan  Menhub usai membuka Acara ASEAN STOM dan ASEAN ATM Meeting.

Menhub mengatakan pertemuan ini adalah untuk kepentingan bersama negara-negara ASEAN. Dengan demikian dari hasil pertemuan ini diharapkan kelak ASEAN Konektivitas menjadi kekuatan baru," kata Menhub.

ASEAN Konektivitas di bidang transportasi, menurut Menhub akan memberikan dampak ganda pada sektor lain seperti perdagangan, industri, pariwisata dan pertanian. Karena semua kegiatan tersebut membutuhkan sektor transportasi.

ASEAN Senior Transport Officials Meeting (ASEAN STOM) merupakan pertemuan tingkat pejabat senior bidang transportasi negara-negara ASEAN yang dilaksanakan dua kali dalam setahun secara bergiliran di negara-negara anggota ASEAN. Sebelumnya, Indonesia juga menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan ASEAN STOM ke-33 di Bandung, Jawa Barat pada 22-24 Mei 2012.

Sementara itu, ASEAN Transport Ministerial Meeting (ATM) merupakan pertemuan tingkat menteri transportasi negara anggota ASEAN yang dilaksanakan setiap tahun sekali dan terakhir diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja pada 15-16 Desember 2011.

Menhub juga dijadwalkan menjadi Chairperson pertemuan The 18th ASEAN Transport Ministers Meeting pada 29-30 November 2012 di tempat yang sama. (JO)