JAKARTA - Pelayanan Arus Balik angkutan penyeberangan di Danau Toba dari Pelabuhan Simanindo, Tomok dan Ambarita Pulau Samosir menuju ke ke Pelabuhan Ajibata dan Tigaras di Toba Samosir, dilaporkan berjalan dengan lancar. Dilaporkan, puncak arus balik terjadi pada Sabtu (8/6) atau H+2. Demikian disampaikan Staf Ahli Menhub Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi selaku ketua tim pemantauan transportasi penyeberangan di Danau Toba.

“Secara visual keseluruhan penyeberangan pada Minggu (9/6), relatif menurun, sehingga dipastikan bahwa puncak arus balik di penyeberangan kawasan Danau Toba sudah terjadi pada Sabtu (8/6),” jelas Umar Aris.

Umar Aris menjelaskan, arus balik angkutan penyeberangan di Danau Toba berasal dari Pulau Samosir dan sekitarnya. Seperti di pelabuhan Simanindo di Pulau Samosir menuju ke Pelabuhan Tigaras yang pada Minggu (9/6) melayani sebanyak 17 trip penyeberangan ke Danau Toba dari pagi hingga malam pukul 20.05 WIB.

Kemudian dari Pelabuhan Ambarita di Pulau Samosir menuju ke Pelabuhan Ajibata melayani sebanyak 5 trip dari pagi hingga pukul 20.10 WIB.

Sementara dari Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir ke Pelabuhan Ajibata melayani sebanyak 9 trip dari pagi hingga pukul 20.45 WIB.

Lebih lanjut Umar Aris telah melakukan pengawasan untuk memastikan manifest penumpang sesuai, jumlah manifest tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut Nakhoda dan awak kapal, serta memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung.

Selain itu juga memastikan, operator kapal telah mematuhi aturan untuk tidak berlayar jika cuaca tidak bersahabat. (RDL/CA/HA)