CIKARANG - Guna mengantisipasi lonjakan kepadatan kendaraan di ruas Tol Cikampek pada arus balik Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang diprediksi terjadi pada hari ini (1/1), pengelola jalan tol akan mulai memberlakukan contraflow. Hal ini dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau langsung Gerbang Tol Cikarang Utama, Senin (1/1).

“Hari ini sudah mulai diberlakukan dan kalau dari pengamatan kita dari udara (helikopter) harus dilakukan suatu contraflow yang lebih konsisten dan mungkin sampai malam hari,” kata Menhub Budi.

Dijelaskan Menhub saat ini khususnya di ruas Tol Palimanan - Kanci sudah mulai ada lonjakan jumlah kendaraan akan tetapi masih terkendali. Di sisi lain pihaknya menghimbau agar pihak-pihak terkait mengamati dengan baik kemungkinan lonjakan jumlah kendaraan dari arah Bandung.

Pada kesempatan yang sama Menhub menyebut arus mudik serta balik pada Natal dan Tahun Baru 2018 berlangsung lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu berkat kerjasama para stakeholder.

“Adanya manajemen lalu lintas yang dilakukan oleh pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) seperti Jasa Marga dengan Korlantas berjalan dengan baik. Hal ini juga didukung dengan efektifnya imbauan kendaraan berat dan konstruksi hingga arus balik berlangsung," ujar Menhub.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menyebut Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, Jasa Marga secara konsisten berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow.

“Pada periode arus mudik ataupun balik Libur Tahun Baru 2018, baru hari ini contraflow dilaksanakan kembali. Kami baru saja memberlakukan contraflow sepanjang 6 Km di Km 47 hingga Km 41 dan kami terus melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian,” tambah Desi.

Pada periode arus mudik libur Tahun Baru 2018 tanggal 27-30 Desember 2017, Jasa Marga mencatat volume lalu lintas keluar Jakarta sebagai berikut :

- Arah Timur, melalui GT Cikarang Utama sebesar 335.226 kendaraan atau naik sebesar 13,25% dari lalin normal 296.000 kendaraan

- Arah Selatan, melalui GT Ciawi sebesar 125.680 kendaraan atau naik sebesar 9,45% dari lalin normal 167.493 kendaraan

Jasa Marga memprediksi puncak arus balik libur Tahun Baru 2018 jatuh pada hari ini, Senin (01/01), di mana akan terjadi peningkatan volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Cikarang Utama sebanyak 104.000 kendaraan atau naik 48,5% dari lalin normal sebanyak 70.000 ribu kendaraan.

Turut hadir dan mendampingi Menhub Budi yaitu Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. (GD/TH/AL/BI)