(Jakarta, 08/09/09) Kesiapan dan antisipasi terhadap penyebaran dan perkembangan virus influenza A (H1N1) atau flu babi terus digalakkan Departemen Perhubungan. Salah satunya mengantisipasi penyebaran melalui pelabuhan laut sepanjang masa mudik lebaran, mengingat moda tersebut menjadi media penyebaran virus H1N1 yang efektif.

"Pelabuhan-pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia juga tidak terlepas kemungkinannya untuk menjadi pintu masuk yang praktis bagi penyebaran H1N1," ujar Dirjen Perhubungan Laut Sunaryo, dalam sambutan pembukaan Sosialisasi Kesiapan Menghadapi Perkembangan Virus Influenza-A Baru H1N1 di Lingkungan Masyarakat Maritim/Dunia Pelayaran di kantor Dephub, Jakarta, Selasa, (8/9).

Menurut Sunaryo, hal tersebut semakin penting mengingat arus mudik penumpang akan terjadi pada Hari Raya Idul Fitri 1430 H. Sehingga, dia meminta seluruh jajaran dunia pelayaran dapat mengantisipasi penyebaran virus berbahaya tersebut. "Dalam kaitan itu, dituntut kesiapan serta kesiagaan seluruh jajaran dunia pelayaran," katanya.

Pada sosialisasi yang di selenggarakan Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Departemen Perhubungan ini, Sunaryo berharap, peserta yang terdiri dari unsur terkait dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang memadai terhadap virus H1N1.

"Sehingga, pada akhirnya terbentuk suatu kesiapan dalam mengantisipasi perkembangan serta penyebarannya. Khususnya pada masyarakat maritim dan dunia pelayaran," tegasnya. (DIP)