Jakarta – Kementerian Perhubungan meraih penghargaan sebagai salah satu Kementerian yang dianggap aktif menyampaikan informasi pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2019. Kemenhub dianugerahi atas pencapaian terbaik dengan kategori Informatif, Inovatif, dan Responsif pada acara “Anugerah Manajemen Informasi Arus Mudik 2019 “ yang diselenggarakan Kantor Staf Presiden, Kominfo dan Komisi Informasi Pusat (KIP).

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko kepada Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan di Kantor Staf Presiden pada hari ini (19/7).

"Kami ucapkan syukur alhamdulillah atas penghargaan yang kami dapatkan hari ini. Penghargaan ini merupakan buah manis dari upaya-upaya yang telah kami lakukan bersama dengan stakholder terkait, dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2019. Sesuai dengan slogan yang diusung yaitu Mudik Bareng, Asyik Lancar,” jelas Hengki

“Tentunya penghargaan ini tidak lepas dari kepemimpinan Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi yang tidak kenal lelah, setiap saat memantau maupun melakukan sidak langsung ke berbagai daerah untuk memberikan arahan-arahan kepada petugas dan jajarannya, sehingga kendala-kendala yang dihadapi dapat segera diantisipasi dengan cepat,” ucap Hengki.

“Secara rutin bapak Menhub juga memberikan informasi terkini kepada rekan-rekan wartawan, mengenai kebijakan-kebijakan yang dilakukan Pemerintah selama masa arus mudik dan balik Lebaran, seperti : penerapan satu arah, imbauan untuk tidak menggunakan motor, memanfaatkan program mudik gratis, dan lain sebagainya,” tambahnya.

Selain itu, secara rutin kami sampaikan informasi-informasi terkini mengenai Angkutan Lebaran dan penanganan Arus Mudik dan Balik Lebaran melalui saluran media milik Kementerian Perhubungan seperti di akun resmi Media Sosial @Kemenhub151 (Twitter, Instagram, Facebook dan Youtube), website dephub.go.id, serta contact center 151 yang siaga selama 24 jam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat

Lebih lanjut Hengki mengatakan, keberhasilan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2019 tidak lepas dari komunikasi dan koordinasi yang baik antar pihak terkait baik dari unsur Pemerintah, BUMN, Swasta dan masyarakat.

Hengki mengatakan, penghargaan ini menjadi pemicu semangat dan motivasi bagi segenap jajaran Kemenhub dalam rangka meningkatkan kinerja Kementerian Perhubungan di tahun mendatang, agar semakin baik lagi dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran di tahun-tahun berikutnya.

Selain Kementerian Perhubungan, terdapat Kementerian/Lembaga dan BUMN lain yang meraih penghargaan serta piagam apresiasi dari KIP yaitu Kementerian PUPR, BMKG, PT Jasa Marga, PT Pertamina, PT Kereta Api Indonesia, PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT ASDP Indonesia Ferry, Korlantas Polri, PT Pelindo III, serta PT Pelni. (LNM/RDL/YSP/HA)