Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal menjelaskan, kapal baru berkapasitas 2500 penumpang tersebut sedianya akan memperkuat armada transportasi laut penunjang pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini. "Serah terimanya memang dilakukan di Makassar, tapi dari Jakarta, kapal itu sudah membawa penumpang. Dia juga akan singgah di Surabaya untuk mengambil penumpang. Bisa dibilang soft launching. Setelah diresmikan, selanjutnya KM Gunung Dempo akan langsung beroperasi untuk angkutan lebaran,'' papar Menhub, usai buka puasa bersama, Jumat (12/9), di Jakarta.

Dirut PT Pelni Isnoor Heryadi, saat ditemui di acara yang sama menyambut baik hal tersebut. "Kita tentu senang. Karena dengan adanya kapal baru ini, Pelni bisa meningkatkan pelayanan," ujarnya. Isnoor menambahkan, persiapan yang dilakukan pihaknya terhadap kapal tersebut telah rampung dikerjakan. Segala penyesuaian telah dilakukan sesuai spesifikasi teknis yang ditentukan pemerintah. "Sudah selesai semua. KM Dempo sudah siap beroperasi," ujarnya.

Dengan penambahan tersebut, manajemen PT Pelni optimistis dapat mendongkrak pendapatan perusahaan ke depan.  KM Gunung Dempo sendiri diproyeksikan untuk melayani rute reguler Jakarta-Surabaya-Makassar-Jayapura. (DIP)