Badan SAR Nasional

Rapat SAR Indonesia dengan SAR Singapura (INDOPURA)

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Senin, 12 Juni 2006
Jumlah Dilihat: 3838 kali

Berdasarkan kesepakatan bersama antara SAR Indonesia dengan SAR Singapura telah diselenggarakan Rapat (Sidang) INDOPURA ke – 24 / 2006 di Singapura.


Delegasi SAR Indonesia dipimpin langsung oleh Kabasrnas Laksda TNI (Purn) Yayun Riyanto dengan 4 (Empat) anggota Basarnas, dan delegasi Singapura dipimpin oleh Mr. Kuah Kong Beng dengan 11 (sebelas) anggita dari CAAS, RSN, RSAF, MPA, Police dan Police Coast Guard.Sidang berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 5 Juni s/d 7 Juni 2006 di Changi Airport, Singapura. Dengan adanya sidang yang disepakati bersama antara SAR Malaysia dengan SAR indonesia adalah sebagai berikut :


a. Menyusun skenario program latihan SAR bersama antara SAR Indonesia dengan SAR Malaysia (SAR INDOPURA) sebagai berikut :


Latihan SAR INDOPURA ke – 24 tahun 2006 direncanakan pada tanggal 17 – 20 Juli 2006 antara Kantor SAR Pekanbaru dengan Singapore RRC.Hari "H" ditentukan pada tanggal 19 Juli 2006 dan Bentuk latihan adalah : Latihan Posko (Paper Exercise).


Unsur SAR yang akan dilibatkan dari pihak Basarnas :



  • 1 (satu) buah pesawat Fixed Wing TNI AL (Nomad).
  • 1 (satu) buah kapal KRI TNI AL.
  • 1 (satu) buah kapal GAMAT
  • 1 (satu) buah pesawat rotary wing Basarnas BO-105

Dari pihak Singapura :



  • 1 (satu) buah pesawat Fixed wing (Fokker 50). 
  • 1 (satu) buah pesawat rotary wing Super Puma. 
  • 1 (satu) buah Patrol Vessel

Wasit dan pengendali (Wasdal)Dalam latihan ini pihak Indonesia akan menempatkan 2 (dua) orang sebagai wasdal di Singapura, Sedangkan pihak Singapura akan menempatkan 5 (lima) orang Wasdal di Pekanbaru. Kaji ulang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2006 di Kantor SAR Pekanbaru.


b.Membahas Rencana Program Kerja SAR INDOPURA tahun 2007


Rapat SAR INDOPURA tahun 2007 akan di laksanakan di Bandung, Indonesia pada bulan Juli 2007 Latihan SAR INDOPURA tahun 2007 akan dilaksanakan antara Kantor Tanjung Pinang dengan Singapore RRC