(Padang, 11/2/2014) Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang)Kementerian Perhubungan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) bertema "Wujudkan Sinergitas Inovasi Teknologi Transportasi Dalam Rangka Menciptakan Pelayanan Transportasi yang Selamat, Handal dan Ramah Lingkungan" di Hotel Basko, Padang 11-13 Februari 2014. Rakornis akan dibuka oleh Wakil Menteri Perhubungan pada Rabu, 12 Februari 2014.

Isu utama dalam rakornis ini adalah bagaimana mensinergikan kegiatan penelitian transportasi untuk menciptakan inovasi-inovasi teknologi transportasi nasional, yang pada akhirnya dapat mewujudkan pelayanan transportasi yang selamat, handal dan ramah lingkungan.

Kegiatan penelitian dan pengembangan transportasi perlu dilakukan secara terkoordinasi dan sinergis antara Badan Litbang Perhubungan dengan Dinas-dinas Provinsi dan Kabupaten/kota, Balitbang Bappeda dan perguruan tinggi negeri di seluruh provinsi di Indonesia. Melalui sinergi tersebut diharapkan dapat muncul inovasi-inovasi teknologi transportasi nasional.

Beberapa topik dan pembicara yang hadir dalam Rakornis Litbang 2014 ini diantaranya : "Peran Balitbang Perhubungan sebagai think thank Perumusan Kebijakan Transportasi dan Peranan Pemanfaatan Hasil Litbang yang Akuntabel " yang disampaikan oleh Sesjen Kemenhub, Leon Muhamad ; "Peranan Litbang Yang Akuntabel", oleh Inspektur Jenderal Kemenhub, Wendy Aritenang.

Selain itu, juga ada dua bahasan lainnya yaitu mengenai : Kebutuhan Teknologi Transportasi yang dibawakan oleh masing-masing subsektor perhubungan Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian dan stakeholder terkait antara lain : DPP Organda, PT. KAI, DPP INSA, PT. DI dan DPP INACA dan yang bahasan kedua yaitu : Pengembangan Teknologi Transportasi yang membahas : "Kebutuhan Pengembangan Teknologi Transportasi Indonesia, Pengembangan Teknologi Transportasi di Indonesia" oleh Deputi Pendayagunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kemenristek ; "Pengembangan Teknologi Transportasi dalam Mendukung Program Keselamatan Jalan di Jepang", oleh Deputy Director for Safety Policy, Road Transport Bureau, Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) of Japan ; "Pentingnya Media Sebagai Alat Diseminasi Hasil Penelitian Badan Litbang Perhubungan", oleh Manajer Litbang Kompas.

Rakornis dihadiri kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari Kementerian dan LPND Pusat, Dishub Provinsi dan Kabupaten/Kota, Balitbang Bappeda dan Perguruan Tinggi Negeri dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). (RDH)