Sembilan Rekomendasi EKKTKhusus Transportasi Udara


A. Aspek Kelembagaan



  1. Pembenahan menyeluruh organisasi regulator. Tempatkan the right man on the right place
  2. KNKT sebagai Badan Independen langsung dibawah kendali Presiden, seperti NTSB di Amerika
  3. Integrasi Manajenemen pengelolaan traffig control yang terpecah dalam lima kendali, menjadi one single provider mirip institusi sejenis di Australia, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

B. Aspek Interaktif Regulator dan Operator



  1. Program peningkatan kredibilitas dan kompetensi personel pengelola regulasi. Membangun citra bahwa licensi dan perizinan yang dikeluarkan regulator didasarkan pada peraturan dan regulasi, bukan karena praktek negoisasi dan jual beli
  2. Pembenahan Manajemen Operator transportasi. Likuidasi operator yang abaikan peraturan dan regulasi keselamatan
  3. Meningkatakan profesionalisme keahlian pilot dan teknisi. mengembangkan sistem dukungan suku cadang bagi perawatan pesawat terbang

C. Aspek Perbaikan Sarana dan Prasarana



  1. Segera melakukan modrenisasi peralatan radar dan sarana komunikasi di air traffic control
  2. Meningkatkan kualitas sarana keselamatan penerbangan yang di-instaled di pesawat terbang dan sarana penanggulangan kecelakaan di Bandara
  3. Meningkatkan kualitas personel dan sarana keselamatan dan keamanan di Bandara

Sumber : Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi