Perpanjangan landasan pacu akan berdampak pada kenaikan jumlah dan jenis pesawat yang akan mendarat di bandara tersebut. Pada gilirannya, perpanjangan landasan pacu diharapkan dapat mempercepat laju pembangunan di daerah itu. "Perpanjangan landasan pacu, bertujuan meningkatkan pelayanan penerbangan sekaligus mempercepat pembangunan di wilayah itu, mengingat daerah tersebut pernah mengalami masalah kerusuhan beberapa waktu lalu".
Saat ini, penerbangan ke Bandara Mutiara Palu dilakukan oleh maskapai pesawat Lion, Merpati, Bouraq, dan Citylink. Selain itu, Bandara Mutiara Mendukung Transit penerbangan dari Bandara Sepinggan Balikpapan, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Hasanuddin Makassar dan Bandara Sam Ratulangi Manado.
Pelabuhan
Gubenur Sulteng mengungkapkan, akan mengajukan penambahan kapasitas pelabuhan Palu dengan penambahan dermaga. "Saat ini, panjang dermaga mencapai 100 m, Gubernur Sulteng meminta agar kapasitas pelabuhan tersebut ditambah dari saat ini baru 20 ton menjadi 30 ton sesuai standar".
Merespons permintaan Gubernur Sulteng tersebut, Dephub akan melakukan koordinasi untuk mengoptimalkan realisasi anggaran tahun ini dan 2008. "Anggaran yang dialokasikan untuk Dinas Perhubungan Sulteng pada 2007 sekitar Rp 107 miliar, meningkat lebih dari 50 % dari sebelumnya tahun 2006 yang sebesar Rp 50 miliyar".