Komite Nasional Keselamatan Transportasi

PERGANTIAN JABATAN SEKRETARIS KNKT

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Jumat, 04 Juli 2008
Jumlah Dilihat: 3837 kali

KNKT adalah lembaga nonstruktural di lingkungan Dephub yang bertugas melakukan investigasi dan penelitian kecelakaan transportasi. Secara hirarki, KNKT berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Perhubungan. Investigasi yang dilakukan KNKT adalah dalam rangka mencegah terjadinya kecelakaan dengan penyebab yang sama (antisipasi).
KNKT Preventif .

Mengingat tugas KNKT cukup berat dengan maraknya kecelakaan transportasi di Tanah Air, sebagai pejabat baru, Saptandri menegaskan bahwa dirinya akan melakukan koordinasi dan konsolidasi di internal KNKT. "Selanjutnya menyusun program kerja bersama guna menunjang kelancaran pelaksanaan investigasi dan penelitian kecelakaan transportasi," ujarnya.

Saptandri menilai, diperlukan langkah tepat bagaimana mengkombinasikan program agar KNKT tidak terfokus pada saat terjadinya kecelakaan saja, tetapi mencoba mengedepankan tindakan preventif. "Salah satunya dengan merespons secara cepat dan tepat setiap informasi atau masukan dan kritik terkait dengan kemungkinan bahaya kecelakaan, terlepas sekecil apa pun dan dari manapun informasi itu berasal. Oleh karena itu KNKT akan membuka diri menerima masukan dari masyarakat dan melakukan investigasi," paparnya.

Ketua KNKT Tatang Kurniadi menyambut baik kehadiran Saptandri Widiyanto di institusinya. Tatang berharap, Saptandri bisa secara maksimal menunjukkan perannya dalam memajukan dan mengoptimalkan peran KNKT untuk kemajuan transportasi nasional. "Siapa pun orangnya, saya sangat menyambut baik. Yang penting, dia siap bekerja keras dalam mengemban tugas-tugas KNKT yang menurut saya tidak ringan ini," ujar Tatang kepada wartawan di Press Room Departemen Perhubungan, Kamis petang. (DIP)