Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pembinaan pegawai adalah pembinaan pegawai berdasarkan perencanaan karier yang jelas serta pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan lingkungan maupun teknologi yang semakin maju. Terkait dengan pola karier pegawai di Dephub. Sesjen Dephub menyadari bahwa pola karier yang ada masih terdapat kelemahan yang perlu diperbaiki. Untuk itu, diharapkan melalui pertemuan tersebut dapat dibahas lebih mendalam pola karier yang ada serta dapat dirumuskan usulan perbaikan.

Pemantapan Pembinaan Kepegawaian Departemen Perhubungan yang bertema "Dengan Dukungan SDM Aparatur Perhubungan yg Profesional Kita Wujudkan Keselamatan dan Keamanan Transportasi", dilaksanakan selama 3 hari (6-8 Juni 2007) tersebut dan diikuti kurang lebih 380 orang, merupakan para pembina dan pengelola kepegawaian di lingkungan Departemen Perhubungan, baik pusat dan daerah, wakil dinas perhubungan provinsi serta PT. Angkasa Pura I, Angkasa Pura II dan PT. INKA yaitu BUMN yang terdapat PNS Dephub yang diperbantukan.

Ceramah I pemantapan disampaikan Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN dengan topik "Kompetensi yang Harus Dimiliki oleh SDM Aparatur di Lingkungan Departemen Perhubungan". Ceramah II oleh Deputi Pengembangan Kepegawaian BKN dengan topik "Pembinaan SDM Aparatur untuk Meningkatkan Profesionalisme". Ceramah III oleh Ketua Tim EKKT dengan topik "Peran SDM di Bidang Keselamatan Transportasi Terkait Dengan Keselamatan dan Keamanan Transportasi" dilanjutkan diskusi panel oleh Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi dengan topik "Kebijakan Umum Bidang Kepegawaian dan Pembangunan Transportasi". Ceramah terakhir disampaikan oleh Drs. Wijayanto, MA dengan topik "Upaya Meningkatkan Eto Kerja SDM Aparatur Perhubungan". (BSE)