Pejabat yang dilantik adalah Suroyo Alimoeso yang menjadi Dirjen Perhubungan Darat menggantikan Iskandar Abu Bakar. Suroyo sebelumnya merupakan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di direktorat yang sama. Sementara Iskandar Abubakar sendiri, yang telah memegang jabatan itu sejak enam tahun lalu, mendapatkan posisi baru sebagai staf ahli Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi dan Kemitraan Perhubungan. Iskandar menggantikan posisi Cucuk Suryo Suprojo yang telah memasuki masa pensiun. Selain itu, Menhub juga melantik Herry Bakti Singayuda sebagai staf ahli yang menangani bidang Lingkungan Perhubungan, menggantikan Abdul Razak Manan yang telah habis masa kerjanya. Sebelumnya, Herry adalah Administrator Bandara Soekarno-Hatta.

”Pergantian jabatan ini adalah hal biasa. Ini juga merupakan proses regenerasi,” ujar Menhub Jusman. Pergantian pejabat ini juga merupakan tindak lanjut atas Keputusan Presiden Nomor 99/M tahun 2008. Ditambahkan, pergantian, rotasi dan promosi jabatan adalah suatu keharusan dan mekanisme yang dikembangkan dalam sistem renumerasi birokrasi pemerintahan.  ”Ada saat di mana seseorang diberikan kepercayaan, ada saat di mana yang bersangkutan harus iklas dan legowo menerima kenyataan bahwa jabatan yang disandangnya tidak mungkin dipertahankan terus menerus,” pesan Menhub.

Untuk itulah, tegasnya, dibutuhkan sebuah proses regenerasi kepemimpinan. Tujuannya untuk memberikan ruang gerak bagi eselon yang lebih rendah dan memberikan kesempatan untuk naik jenjang kepangkatan serta menerima tanggung jawab. Departemen Perhubungan sendiri, ujarnya, di masa mendatang perlu menyediakan sistem renumerasi mekanisme pergantian dan rotasi jabatan yang baru dalam skala waktu yang tidak melebihi tiga tahunan dan maksimal enam tahun.

”Siklus tiga tahunan dalam kepemimpinan, perlu dikembangkan sebagai bagian penting dari pola regenerasi kepemimpinan di Departemen Perhubungan,” ujar Menhub yang lantas secara terbuka memuji apa yang telah dilakukan Iskandar Abubakar selama menjabat Dirjen Perhubungan Darat. ”Beliau baru saja mengukir keberhasilan untuk mengkoordinasikan dan memimpin proses penyelenggaraan angkutan Lebaran. Kerja keras, dedikasi dan kepemimpinan beliau telah memberikan andil bagi kesuksesan angkutan mudik Lebaran tahun 2008 ini,” katanya.

Menhub juga menyampaikan, pelantikan pejabat baru eselon I di lingkungan Dephub selalu menjadi perhatian. Karena, menurutnya, di balik pelantikan itu terkandung harapan, kepercayaan dan amanat yang tidak ringan. ”Saya percaya bahwa pejabat yang mendapatkan kepercayaan akan berupaya sungguh-sungguh dan bekerja sekuat tenaga untuk melaksanakan tugas, amanat dan kehormatan yang diberikan Bapak Presiden kepadanya, atas nama pemerintah,” kata Menhub. (DIP)