Berita Umum

KASUS ADAM AIR DI BATAM INSIDEN SERIUS

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Senin, 10 Maret 2008
Jumlah Dilihat: 2789 kali

"Ini serious incident, (jadi) dia (Adam Air) harus memperbaiki (aspek keselamatan) lagi, dia masih dalam pengawasan ketat (saat ini). Sebenarnya akhir-akhir ini dia sudah baik, tapi sayang kecelakaan lagi" kata Menhub menyayangkan kejadian ini.

Pesawat Adam Air KI 292 tersebut merupakan jenis Boeing 737-400 rute Jakarta- Batam dengan membawa 169 orang penumpang, 1 orang bayi, 1 orang anak dan 6 orang crew dan mengalami insiden pada sekitar pukul 10.20 WIB ketika mendarat di Bandara Hang Nadim Batam dalam kondisi hujan. Pesawat dengan pilot Capt. Sudiharto dan Co-Pilot S Prabowo ini tergelincir sekitar 50 meter dari runway 22 dan seluruh penumpang dalam kondisi selamat dengan beberapa orang penumpang mengalami cedera. Akibat dari kejadian ini Bandar Udara Hang Nadim sempat ditutup sekitar 2 jam.

Untuk mencari tahu penyebab kecelakaan ini Menteri Perhubungan telah memerintahkan langsung Ketua KNKT untuk melakukan investigasi. Berdasarkan laporan sementara yang diterima, roda pesawat sebelah kanan patah ketika pesawat mendarat, namun pilot sudah melakukan prosedur yang benar ketika menghadapi cuaca buruk. Pesawat sempat turn around sambil menunggu jarak pandang yang aman sebelum memutuskan mendarat dalam kondisi hujan. Namun ketika mendarat tersebut pesawat mengalami patah di roda sebelah kanan. (BRD)