"INACA saya anjurkan agar (mempelajari) bagaimana menumbuhkan perekonomian di daerah dengan mengatur rute anggotanya," katanya kemarin.

Menhub menjelaskan pengaturan itu dititikberatkan ke rute gemuk dan kurus agar tercipta kondisi yang lebih baik terutama untuk meningkatkan perekonomian.

Rute gemuk adalah rute penerbangan padat dengan tingkat persaingan sangat tinggi seperti rute Jakarta-Surabaya, Jakarta-Makassar, Jakarta-Medan, Jakarta-Denpasar, dan Jakarta-Solo.

Menhub mengaharapkan INACA mengatur maskapai anggotanya yang memiliki rute gemuk agar tak terjadi saling banting tarif dan tercipta persaingan yang sehat.

Sebaliknya, rute kurus yang merupakan rute penerbangan di bandara perintis di Nias, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat. "Di rute kurus itu INACA diharapkan mendorong anggotanya tetap terbang untuk menumbuhkan perekonomian," kata Jusman.

Dengan pengaturan pola rute seperti itu, kata Menhub, maskapai Indonesia akan siap mengahadapi kebijakan langit terbuka (open sky) yang dipastikan diberlakukan untuk semua kota mulai 2015.

Selain INACA diharapkan mengatur pola rute, Menhub meminta maskapai mulai menetapkan pangkalan (home base) guna mendukung pola pengumpul dan pengumpan di penerbangan.

Data Ditjen Perhubungan Udara Departemen Perhubungan yang dikeluarkan 7 Mei 2007, menetapkan enam maskapai penerbangan memiliki pangkalan di Bandara Soekarno-Hatta. Keenam maskapai itu yakni AdamAir, Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Lion Air, Metro Batavia, dan Sriwijaya Air.

Lion Air dan Batavia diharapkan memilih pangkalan di Cengkareng atau Surabaya, sementara Sriwijaya Air memilih Cengkareng atau Medan.

Sekretaris Jendral INACA Tengku Burhanuddin meminta pemerintah sudah menetapkan pangkalan untuk maskapai bersamaan keluarnya Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) dan Lisensi terbang (Air Operator Certificate).

"Seharusnya sudah ada ketetapan dari pemerintah maskapai baru harus sudah ada pangkalan bandara yang akan dikembangkan," ujarnya.

Sumber: Bisnis Indonesia (29 Februari 2008)