< p align="justify">Departemen Perhubungan memberikan waktu selama tiga sampai empat bulan kepada PT. Kereta Api untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada para pengguna baik ketepatan waktu maupun pelayanan di atas kereta seperti kebersihan kereta dan kebersihan toilet.

PT. Kereta Api belum lama ini telah mengajukan usulan kenaikan tarif KA kelas ekonomi sebesar 40-50% untuk KA Jabotabek dan 20% untuk KA ekonomi jarak jauh. PT. Kereta Api berjanji akan meningkatkan pelayanan setelah kenaikan tarif tersebut. Khusus peningkatan KA ekonomi di wilayah Jabotabek antara lain akan dilakukan sterilisasi peron serta penyediaan KRL ekonomi ber-AC.

KERETA API BARANG

Pada kesempatan itu , Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal juga menyampaikan bahwa PT. KA didorong untuk lebih mengembangkan angkutan barang yang mempunyai prospektif guna mendongkrak kinerja keuangan PT. KA. Untuk mendorong angkutan barang yang menggunakan truk mengalihkan ke angkutan KA, tengah dipersiapkan jalur KA JABABEKA (Cikarang) ke Pelabuhah Tanjung Priok.