(Jakarta, 24/7/2014) Setelah sehari sebelumnya melepas motor para pemudik peserta mudik gratis Kemenetrian Perhubungan, Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan melepas keberangkatan 4.937 peserta Program Mudik Gratis 2014 Bagi Pengguna Sepeda Motor yang diselenggarkan Kementeiran Perhubungan, di halaman parkir Monas pintu Barat Daya pada 24 Juli 2014. Sebanyak 92 unit bus disiapkan untuk mengangkut para pemudik ke 9 kota tujuan yaitu Tasikmalaya, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo dan Magelang.

Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ini bertujuan untuk mengurangi arus lalu lintas pengguna sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan sepeda motor yang selama ini cukup dominan dan mengurangi penggunaan sepeda motor untuk jarak jauh. Selain itu juga untuk memberikan jaminan bagi pengguna sepeda motor untuk tetap dapat melaksanakan kegiatan lebaran ke daerah masing-masing dengan lebih aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan.
 
Sejak dibuka pendaftaran mudik gratis dengan kuota 2.400 motor (4.800 penumpang) mulai 1 Juli hingga 16 Juli 2014 yang dilakukan di 5 lokasi pendaftaran yaitu di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Kantor Dishub Kota Bekasi, Terminal Poris Plawad Tangerang, Terminal Depok dan Kantor Dishub Kota Tangerang Selatan, jumlah pendaftar telah memenuhi hampir 100% kuota. Sampai dengan batas akhir pendaftaran, jumlah peserta mudik gratis untuk moda angkutan jalan (motor diangkut truk, penumpang naik bus) yang terdaftar adalah sebanyak 2.272 unit sepeda motor atau 95% dari kuota yang tersedia dengan jumlah peserta untuk tujuan Solo sebanyak 650 unit sepeda motor dan yang paling sedikit untuk tujuan Tasikmalaya, yaitu sebanyak 25 unit sepeda motor. Sedangkan penumpangnya tercatat sebanyak 4.937 orang penumpang yang terdiri dari 4.021 orang penumpang dewasa dan 916 penumpang anak/balita.
 
Dari 2.272 orang yang mendaftar, sebanyak 1.528 orang yang menyerahkan sepeda motornya dari tanggal 21 Juli-22 Juli 2014 untuk diangkut dengan menggunakan 33 unit truk pengangkut. Semua sepeda motor yang diangkut telah dilindungi oleh asuransi. (CAS)