(Jakarta, 14/3/2013) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) tahun ini melantik sebanyak 328 Perwira Pelayaran yang terdiri dari 108 Perwira Pelayaran program diploma IV dan 220 Perwira Pelayaran Program Diklat Pelaut (DP) III, II dan I.

Pelantikan Perwira Pelayaran berlangsung di kampus STIP, Marunda Jakarta, Kamis (14/3) dihadiri oleh Menteri Perhubungan, EE Mangindaan.
Menhub saat bertindak selaku inspektur upacara pelantikan perwira pelayaran mengatakan, peluang kerja bagi para perwira yang telah lulus sangat terbuka lebar mengingat kebutuhan SDM armada kapal nasional dan dunia yang masih cukup tinggi. “Saya mengimbau agar saudara dapat berperan serta menjadi bagian dalam memajukan perkembangan industri pelayaran dalam negeri selain tentunya untuk memenuhi kebutuhan industri dunia,” jelas Menhub.

Tiga tahun terakhir, menurut Mangindaan, prospek pelayaran niaga nasional sangat menjanjikan. Data dari 2010-2012 menujukkan telah terjadi peningkatan armada kapal niaga nasional sebanyak 11.620 Unit/ 16.078.450 GT yang terdiri dari armada milik perusahaan angkutan laut nasional (pemegang SIUPAL) sebanyak 9.964 unit/15.348.785 GT dan armada milik perusahaan angkutan laut khusus (pemegang SIOPSUS) sebanyak 1.656 unit/ 606.771 GT.

Lebih lanjut, Mangindaan berpesan kepada perwira yang dilantik, agar dalam menjalankan tugasnya tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan pelayaran. Terutama dalam menghadapi kondisi alam seperti ombak atau gelombang tinggi.

“Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai daerah di Indonesia mengalami perubahan iklim yang mempengaruhi kondisi laut, di berbagai pelosok perairan laut Indonesia memiliki ketinggian gelombang lebih dari 1,5 meter bahkan di beberapa wilayah perairan laut ketinggian gelombang mencapai lebih dari 3 hingga 5 meter. Untuk itu selalu utamakan keselamatan,” tegasnya.

seluruh program studi  STIP telah terakreditasi oleh BAN-PT Republik Indonesia dengan peringkat Akreditasi “A””. Berdasarkan laporan Ketua STIP, Capt. Zulfami syawal untuk semua jurusan yaitu Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan sesuai Keputusan BAN-PT No.: 003/BAN-PT/Ak-V/Dpl-IV/VIII/2008 tanggal 9 Agustus 2008, telah terakreditasi A.

“lulusan Program Diploma IV Pelayaran STIP selain diakui lulusannya juga  berhak menyandang Gelar Vokasi yaitu Sarjana Sains Terapan Pelayaran (S.S.T. Pel),” jelasnya.

Selain itu, STIP telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 dalam Sistem manajemen mutu pendidikannya. Dan STIP sudah melaksanakan kegiatan Eksternal Audit untuk Renewal Certificate ISO 9001:2008 untuk seluruh satuan kerja dengan hasil "sangat memuaskan". (RDH)