Jusman menjelaskan, kehadiran KA Komunitas ini adalah  KA Barang baru produksi PT Inka dengan sejumlah modifikasi agar lebih nyaman seperti ketersediaan toilet di setiap gerbong, kipas angin dan karpet. "Tadi, pihak Inka telah siap melengkapi dengan empat kipas angin di setiap gerbong dan karpet. Tetapi, untuk toilet memang tidak bisa," kata Jusman.

Dirut PT Inka Roos Diatmoko mengatakan, 20 set KA Komunitas pesanan PT KA ini sudah siap kirim, namun masih akan dilengkapi beberapa komponen lain. Roos menjelaskan, KA Komunitas (dulu KA Sapujagat, red) operasionalnya terdiri dua atau tiga rangkaian yang digabung dengan KA ekonomi reguler. "Jadi urusan, toilet ya gabung di KMP saja. Toh, ada pintu penghubungnya," katanya.

Dari pantauan di lokasi PT Inka, kondisi contoh beberapa KA Komunitas yang ditinjau Menhub Jusman dan rombongan itu didominasi warna hijau, gerbongnya berlantai plastik (belum karpet), ada pemadam kebakaran kecil di setiap gerbongnya.

Jusman bersama rombongan sempat duduk bersila mencoba merasakan langsung kondisi gerbong KA Komunitas itu dan sambil berujar. Selain itu, kata Jusman, KA Komunitas ini bisa mengangkut sepeda motor ke tempat tujuan pemudik. "Sudah pasti lebih nyaman, aman dan cepat, ketimbang naik sepeda motor," katanya. Jusman menyatakan, selain 20 KA Komunitas yang disiapkan untuk menampung perkiraan penumpang KA sebanyak 2,9 juta tahun ini, KA tambahan lain juga sudah disiapkan oleh PT Inka. Kereta itu antara lain 20 set Kereta Ekonomi (K-3) baru, 27 set Kereta Eksekutif (K-1) dan beberapa Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE). Jusman menambahkan, total penumpang angkutan lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 15,7 juta pemudik yang menggunakan berbagai moda transportasi.

Dari jumlah itu, sembilan juta diantaranya adalah lalu lintas angkutan darat yang terdiri pengguna bus 6 juta dan tiga juta lainnya adalah penyeberangan, serta sepeda motor 2,5 juta unit. Kemudian, untuk Kereta Api, total penumpangnya mencapai 2,9 juta, 1 juta laut dan sisanya 1,8 juta adalah penumpang angkutan udara. (ES)