Direktorat Jenderal Perhubungan Laut

12.000 MOTOR AKAN DIANGKUT DENGAN KAPAL

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Minggu, 18 Mei 2014
Jumlah Dilihat: 1611 kali

(Jakarta,16/5/2014) Selain mengangkut 6.300 motor bagi para pemudik secara gratis dengan kereta api dalam angkutan Lebaran 2014, Kementerian Perhubungan juga akan mengangkut 12.000 motor secara gratis dengan kapal laut.


“ Sepeda motor yang diangkut dengan kereta api sebanyak 6.300 unit , dan kapal sebanyak 12.000 unit," ungkap Menhub EE Mangindaan ketika meninjau pendaftaran peserta mudik gratis motor dengan kereta api ( KA) di Kantor Kemenhub Jakarta, Jum at.
Menhub mengungkapkan, anggaran mudik motor gratis dengan kapal tahun 2014 meningkat dari Rp 8 miliar pada tahun 2013 menjadi Rp 24 miliar pada 2014.

Selain dengan kapal dan kereta api, Kemenhub pada angkutan Lebaran 2014 juga menyelenggarakan angkutan motor gratis melalui jalan darat yang diangkut dengan truk.
Ditambahkan Menhub, anggaran mudik gratis angkutan lebaran disediakan oleh masing - masing sub sektor.

" Anggaran yang disediakan Kemenhub untuk mudik dilakukan per sub sektor.Setiap Dirjen mengalokasi anggaran masing-masing untuk angkutan lebaran gratis tahun ini," ungkap Menhub..

Menhub memperkirakan, program angkutan motor gratis dapat mengurangi kepadatan pemudik sepeda motor di jalan raya sampai 5 - 6 persen.

“Mudah-mudahan dari yang diangkut untuk kereta api dan kapal bisa mengurangi lima sampai enam persen pemudik sepeda motor. Itu hebat sekali,” tambah Menhub.

Menurut Menhub,angkutan gratis bagi sepeda motor sangat strategis mengalihkan pemudik motor maupun mobil ke moda transportasi lain.

“ Saya himbau pemudik sepeda motor agar naik bus saja. Terbukti sangat berhasil, tiket kereta api saja sudah habis, ya minimal sudah berpengaruh mau naik kereta api," jelasnya.


Kemenhub berharap pada lebaran tahun ini dengan sosialisasi yang panjang mampu mengurangi angka pemudik sepeda motor yang cukup signifikan.

Sampai pada hari ke dua jumlah pendaftar mudik motor gratis dengan kereta api sebanyak 99 motor dan 352 tiket terdiri atas pada hari 188 tiket kereta 4 5 motor. Sedangkan hari i ke dua 253 tiket dan 54 motor.

Pendaftaran mudik gratis motor dengan kereta api dimulai tanggal 14 - 18 Mei 2014.(SNO)